Peralatan Utama Untuk Penjahit Pemula

Peralatan Utama Untuk Penjahit Pemula

Peralatan Utama Untuk Penjahit Pemula
hikmays


Peralatan Utama Untuk Penjahit Pemula,- Halo temen-temen kembali bersama saya kali ini saya akan memberikan tips kepada anda yang mungkin masih ada yang pemula dalam hal menjahit dan masih bingung apa saja sih sebenarnya peralatan yang harus dipersiapkan, pasalnya peralatan menjahit sangat banyak bukan? dan tidak mungkin jika harus membeli semuanya namun ada beberapa yang masih awam dengan alat tersebut.

Nah supaya anda tidak buru-buru membeli peralatan yang mungkin belum bisa anda gunakan dengan baik, disini saya akan memberitahu alat-alat yang paling penting dan utama yang harus anda siapkan. Jika anda sudah bisa atau bisa dibilang sudah jago dalam menjahit maka anda boleh untuk membeli peralatan macam-macam.

Berikut adalah barang-barang yang paling penting :

1. Gunting Kain
Pilihlah gunting yang berkualitas bagus untuk menghasilkan potongan kain yang berkualitas daripada asal memilih gunting, kemudian kamu akan merasa kesal ketika menggunting kain disebabkan hasil potongan jelek. Tidak apalah merogoh kocek lebih dalam untuk membeli gunting yang berkualitas. Begitu pula dengan gunting kertas dan gunting benang, pilihlah gunting yang berkualitas dan bersikan secara berkala, jangan lupa memberi pelumas bila gunting mulai kaku dan susah digerakkan.

2. Pencil / pen  dan kertas
pencil ini akan kamu gunakan untuk membuat gambar / pola jahitan. Bukan hanya baju saja loh yang perlu gambar atau pola, meskipun hanya lingkaran/ kotak, kita boleh aja bikin pola. Itu untuk memudahkan kita memotong kain nanti.

3. Jarum
Jarum memang memiliki banyak sekali macam bukan? nah disini saya akan memberikan tips yang biasanya sering dipakai oleh pemula :
  • Jarum khusus mesin jahit,nomor jarum yang  di pake biasanya menggunakan nomor  9 – 14.
  • Jarum tangan, jarum yang kita gunakan dengan cara manual menggunakan tangan. 
  • Jarum pin, jarum pin biasanya disematkan di  kain bertumpuk, untuk membantu kain tidak bergerak dan memudahkan kita untuk menjahit.
4. Penggaris / Penggaris Pola
Penggaris ini khusus digunakan untuk membuat pola, dengan bentuk yang bervariasi sesuai dengan kegunaannya.

5. Kapur Jahit
Kapur jahit dapat berbentuk segitiga, pensil maupun spidol. Pilihlah yang menurutmu lebih nyaman kamu pakai.

6. Benang jahit
Pilih benang dengan merk yang sudah banyak dikenal, hal ini berpengaruh dengan kekuatan setikan/hasil jahitan.

7. Alat Ukur / Meteran Pita
Variasi meteran pita juga banyak, ada yang panjang terbuat dari fiber-glass dan ada pula yang berbentuk roll seperti meteran tukang kayu. Pilihlah meteran yang sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga tidak mengganggu pekerjaan dan tetap tersimpan rapi saat tidak digunakan.

8. Wonder Clips 
Wonder clips adalah klip kecil yang biasanya memang digunakan untuk keperluan jahit menjahit. Fungsinya sama seperti jarum pentul, membantumu membuat lipatan agar terlipat dengan rapi.

9. Mesin Jahit
Ini adalah benda wajib yang harus dimiliki untuk memulai semuanya. Kini mesin jahit menjadi lebih praktis karena menggunakan daya listrik dengan model portable yang mudah dibawa kemana-mana. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan menjahitmu. Untuk pemula, sebaiknya kamu pilih mesin jahit dengan beberapa pola jahitan standar.

Nah itulah bberapa peralatan yang paling utama bagi kalian yang mungkin masih pemula, semoga bisa membantu yaa, selamat belajar dan terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Peralatan Utama Untuk Penjahit Pemula"

Posting Komentar