Cara Membuat Kerutan atau Ruffle Pada Kain

Cara Membuat Kerutan atau Ruffle Pada Kain

Cara Membuat Kerutan atau Ruffle Pada Kain


Cara Membuat Kerutan atau Ruffle Pada Kain,- Halo temen-temen kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan memberikan tips kepada anda semua untuk membuat kerutan atau biasanya disebut ruffle pada kain. Sebelum saya bagikan langkah-langkah membuatnya saya jelaskan terlebih dahulu apasih kerutan itu dan apa manfaat kerutan dalam pakaian. Kerutan ini biasanya dipakai rok maupun baju agar terlihat ramping dan anggun. Kerutan merupakan mengumpulkan dua atau lebih baris setikan mesin untuk menghias bagian dari pakaian atau lenan rumah tangga.

Dalam istilah busana hasil kerutan yang sedikit disebut gathering dan yang banyak disebut shirring, kerutan juga dapat di aplikasikan pada pakaian dan lenan rumah tangga. Kerutan di aplikasikan pada pakaian untuk memperindah dan menutupi kekurangan pada bentuk badan. 

Sebelum anda memulai membuat dan menjahit persiapkan bahan/alat-alat ini terlebih dahulu :

1. Mesin jahit.
2. Gunting bahan.
3. Gunting benang.
4. Benang jahit.
5. Bahan/blacu.
6. Pola segi empat dengan ukuran panjang 20 cm dan lebar 10 cm. ( Sesuai selera ).

Dan berikut cara membuat serta menjahitnya :

1. pastikan panjang kain yang akan di kerut itu dua kali lipat panjang kain baju yang akan menjadi tempatnya nanti, contohnya kerutan ini akan di tempelkan pada manset tangan dengan panjang 23 cm maka buatlah kerutan nya dari kain dengan panjang 50 cm, ini biar kerutannya terlihat bagus.

2. Siapkan kain nya maka selanjutnya kita melangkah ke proses pembuatannya, yaitu pertama sekali kita putar congcot mesin supaya agak kendur dalam menjepit benang jahit.

3. Lalu putar juga pengatur jarak langkah gerigi mesin pada posisi paling lebar.

4. Jahit sebanyak dua jalur pada salah satu sisi kain, sehabis selesai di jahit sebanyak dua jalur jepit dengan sepatu pada salah satu ujungnya kemudian pegang dua buah benang bab atas dengan tangan kiri.

5. Geser-geser posisi kain sehingga membentuk kerutan yang sama rata di setiap bagiannya. pada gambar ini salah satu ujung kain di jepit oleh sepatu, maksud  ialah biar lebih gampang ketika kita akan melaksanakan penggeseran kain tersebut, anda dapat saja menaruh kain tersebut di daerah lain yang di anggap dapat lebih gampang ketika menggeser kain tersebut.

6. Jika dirasa sudah rata, lepaskan ujung kain dari sepatu, dan hasil simpulan akan terlihat ibarat gambar di bawah ini, selanjutnya tinggal di setrika biar lebih rapi, dan kain molek siap di gunakan untuk di aplikasikan sesuai kebutuhan.

7. Selesai.

Nah itulah langkah-langkah untuk membuat serta menjahit kerutan atau ruffle pada kain, semoga bisa bermanfaat ya. Selamat mencoba dan terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Kerutan atau Ruffle Pada Kain"

Posting Komentar