Cara Membuat Placket Pada Kemeja

Cara Membuat Placket Pada Kemeja

Cara Membuat Placket Pada Kemeja


Cara Membuat Placket Pada Kemeja,- Halo kembali bersama saya, kali ini saya akan memberikan tips kepada anda untuk membuat placket atau biasanya disebut bagian depan kemeja. Bagi pemula hal ini menurut saya sulit untuk dilakukan, bahkan yang sudah pro pun kadang pasti pernah sesekali salah saat membuatnya bukan? Nah supaya tidak terjadi hal yang sama, disini saya akan membantu. Semoga bisa mudah di fahami ya.

Jika masih ada yang belum faham apasih placket kemeja, saya jelaskan dahulu. Sebagian besar kemeja formal maupun casual memiliki bagian yang satu ini. Seperti yang bisa dilihat pada gambar, placket terletak di bagian kiri depan dengan terdapat beberapa lubang kancing yang berbaris vertikal. Umumnya bagian ini dapat dijumpai pada berbagai kemeja formal maupun kemeja casual. 

Berikut cara membuatnya :

1. Pertama pastikan lebihan ujung kemeja bab depan ialah sebesar 4.5 cm

2. ukur lah dari ujung selebar 3.5 cm dan berikan tanda dengan kapur jahit.

3. Gunting kain pislin selebar 3.5 cm juga kemudian tempelkan dengan cara di setrika sempurna pada tanda kapur jahit.

4. Lipat ujung lebihan kain bab depan sehingga menutupi kain pislin yang sudah melekat ke kain baju.

5. Jika sudah lipat sekali lagi sehingga lipatan pertama terbungkus oleh lipatan kedua.

6. Ukuran lipatan harus sama rata dari ujung atas hingga bawah yaitu 3.5 cm, berikan jarum pentul kalau perlu, kemudian pada posisi ini jahitlah bab ujungnya dengan lebar 6 mm atau selebar bab sepatu mesin yang paling besar.

7. Setelah di jahit, buka lipatan dan jahit sekali lagi sehingga bab ujungnya melekat pada kain baju dan jahitan menjadi 2 jalur.

8. Lakukan menjahit sebanyak 2 jalur juga pada bab ujung baju sehingga kini jahitan menjadi 4 buah jalur, yang harus di perhatikan ialah lebar dari masing-masing jalur ini harus sama rata biar terlihat bagus.

9. Selesai.


Nah itulah langkah-langkah mmebuat placket pada kemeja, semoga bisa membantu ya. Selamat mencoba :)
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Placket Pada Kemeja"

Posting Komentar