CARA MENJAHIT BAN PADA PINGGANG

CARA MENJAHIT BAN PADA PINGGANG

CARA MENJAHIT BAN PADA PINGGANG


CARA MENJAHIT BAN PADA PINGGANG,- Halo kembali lagi bersama saya kali ini syaa akan menjelaskan menganai cara memasang ban pada pinggang. Ban pinggang adalah salah satu komponen pakaian yang terdapat pada rok maupun celana panjang, juga bisa di artikan Ban pinggang adalah salah satu komponen busana yang menjepit garis pinggang suatu pakaian sehingga terlihat rapih dan enak dipakai. Pemasangan ban pinggang ada 2 macam menurut bentuk dan menggunakan kain pengeras. Lebar ban pinggang umumnya adalah selesai antara 3 – 4 cm.

fungsinya adalah untuk mengapit garis pinggang sehingga rok atau celana terkesan lebih rapi dan nyaman ketika dikenakan.Meski pada umumnya ban pinggang dibuat dari bahan kain yang sama dengan bahan utama, namun beberapa wanita lebih suka menambahkan aplikasi lain berupa pita atau kain yang berwarna kontras sebagai pemanisnya.

Dan inilah caranya untuk memasang ban pada pinggang :

Sebelum memasangnya pastikan hal ini terlebih dahulu.
  1. Potong bahan dengan lebar 8 cm, panjang setengah lingkar pinggang di bagi dua, bagian sebelah kiri di tambah 4 cm, sisi yang lain di tambah 2 cm. 
  2. Potong kain keras dengan panjang lingkar pinggang di bagi dua, salah satu sisi di tambah 3 cm.
  3. Sterika kain keras pada bahan.
Jika sudah selesai maka mari mulai menjahitnya :

1. Pertama-tama potong kain sesuai ukuran lingkar pinggang. Kemudian lipat potongan ban pinggang tepat pada bagian tengahnya dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan sehingga diperoleh dua bagian sama besar. Jahit lurus salah satu ujungnya dan jahit tegak lurus ujung lainnya.

2. Balikkan ban pinggang yang telah dijahit sehingga bagian buruk keduanya saling berhadapan dan bagian baiknya berada diluar.

3. Rentangkan ban pinggang kemudian gabungkan ujung ban pinggang yang dijahit lurus dengan bagian kiri belahan rok yang sudah dijahit. Sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser. Kemudian jahit lurus sepanjang garis kampuh pada bagian garis pinggangnya.

4. Balikkan ban pinggang untuk menutup garis pinggang, kemudian lipat kampuh bagian dalam ban pinggang untuk menyembunyikan sisa-sisa potongan yang kurang rapi. Jika dibutuhkan sematkan jarum pentul untuk membantu proses penyelesaian ban pinggangnya.

5. Sebagai penyelesaian akhir, jahit sekeliling ban pinggang yang terletak di bagian dalam menggunakan tusuk kelim. Teknik kelim ini dikerjakan menggunakan tangan dengan cara membuat tusukan awal sebagai penguat pada lipatan dalam kelim, dilanjutkan dengan mengambil dua hingga tiga helai serat kain dengan jarak yang teratur. Setiap enam langkah tusukan, jahitan sebaiknya dimatikan supaya hasilnya kuat dan tidak mudah lepas.

6. Untuk memberikan efek yang lebih rapi dan tegas, tindas bagian tepi bawah ban pinggang menggunakan pola jahitan berbentuk lurus dengan bantuan mesin jahit. Terakhir, tambahkan aplikasi berupa kancing jepret sebagai penguat dibagian dalam dan kancing hias sebagai elemen dekoratif dibagian luarnya.

7. Selesai. 


Nah itulah langkah-langkah untuk menjahit ban pada pinggang rok maupun celana anda, semoga bisa bermanfaat yaa dan Terimakasih sudah mampir ke article kami.

4. 

Related Posts:

0 Response to "CARA MENJAHIT BAN PADA PINGGANG"

Posting Komentar