CARA MENJAHIT KAIN SPANDEX

CARA MENJAHIT KAIN SPANDEX

CARA MENJAHIT KAIN SPANDEX


CARA MENJAHIT KAIN SPANDEX,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara yang tepat untuk menjahit kain spandex. Pasti kalian juga pernah mengalami kendala yang sama seperti yang disebutkan di atas saat menjahit kain yang berbahan dasar stretch. Adakah diantara kalian yang masih kesusahan saat hendak menjahitnya?
Pasti kalian juga sering mengahalami hal ini saat menjahit kan spandex :

1. Jahitan loncat-loncat, sehingga jarak antar jahitan terlihat tidak rapi. 
2. Tidak terjahit, biasanya terjadi pada kain stretch yang licin seperti lycra, spandex sutra, dll. 
3. Jahitan renggang, sehingga jahitan benang terlihat tidak rapat. 
4. Benang mudah putus.

Nah agar tidak terjadi hal yang serupa disini saya akan memberikan tips untuk kalian agar dapat menjahit kain spandex dengan lancar dan tetap rapi.

1. Dalam menjahit bahan spandek dibutuhkan teknik dan keterampilan tersendiri. Penggunaan alat pemotong yang baik menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipersiapkan, oleh karena itu gunakan gunting atau rotary cutter yang sangat tajam untuk memotong kain dan meminimalisir peregangan kain.

2. Dalam menjahit kain spandek usahakan untuk memakai benang berkualitas dari bahan polyester atau nylon serta jarum baru yang berujung tajam sehingga diperoleh suatu jahitan yang lebih rapi, kuat dan tidak merusak bahan kain. Sebagai penyelesaian bagian tepi kain gunakan mesin overlock benang tiga atau empat untuk mempertahankan tingkat keelastisan bagian tersebut.

3. Gunakan kertas sebagai pelapis bagian atas serta bawah kain untuk menahannya agar tidak tergelincir dan mengalami peregangan yang terlalu banyak ketika kain dijahit.

4. Sesuaikan ketegangan benang atas dan bawah pada mesin jahit untuk menghindari timbulnya kerutan pada hasil jahitan. Sahabat fitinline juga bisa bereksperimen menggunakan twin needle (jarum kembar) untuk membuat jahitan pada bagian topstitching. Penggunaan twin needle ini akan menghasilkan dua baris jahitan di atas dan jahitan zig zag di bagian bawah.

5. Selesai.


Nah begitulah cara menjahitnya untuk kain yang berbahan dasar spandex, semoga mudah dipahami yaa. Selamat mencoba dan terimakasih sudah mampir ke article kami.

Related Posts:

0 Response to "CARA MENJAHIT KAIN SPANDEX"

Posting Komentar