Cara Menjahit Kain Brokat dan Velvet

Cara Menjahit Kain Brokat dan Velvet

Cara Menjahit Kain Brokat dan Velvet


Cara Menjahit Kain Brokat dan Velvet,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan memberikan tips kepada kalian gimana sih caranya untuk menjahit kain brokat dengan memberikan kombinasi kain velvet, biasanya kain brokat memang selalu dikombinasi dengan berbagai macam kain, nah kali ini saya akan berikan tips menggunakan kain velvet. Jika ada yang masih belum paham sama kain velvet mari saya jelaskan dulu.

Jadi Kain velvet adalah jenis kain tenun tafting (berumbai) dengan struktur yang sangat halus dan rata, sehingga tekstur dan permukaan kain velvet terlihat berkilau dan lembut seperti perpaduan dari sifat kain sutera dan wol, bahan velvet memang terlihat mewah dan lain dari yang lain. Tapi, ternyata perawatannya pun juga sedikit berbeda dari bahan biasa ya teman-teman.

Berikut cara menjahit brokat kombinasi velvet :

1. Untuk memotong kain brokat,aku bikin contoh yang sudah ditambah kampuh, langsung dipotong di kain, Supaya apa?supaya besarnya furing sama brokat sama.

2. Jangan lupa! brokat itu punya pinggiran yang unik dan gak perlu di kelim yah jadi biasanya pinggiran itu digunakan untuk lengan atau bab bawah baju. 

3. Bila kamu merasa brokat dan furing yang kau gunakan licin banget dan pas dipotong lari-lari mending pake derma kertas minyak apa kertas roti.
jadi posisinya gini : kertas minyak/roti - kain yang licin-pola.

4. Sebelum menjahit dan menjelujur pastikan mana bab manis kain brokat,jangan hingga kebalik yah..Kalo kau takut kebalik yah beri tanda ajah.Terserah pake apa,asal jangan pake stempel pak lurah.

5. Ganti jarum mesin jahit ke No 9 atau No 11.Dapatkan di toko-toko alat jahit terdekat.

6. JELUJUR,nah ini ngebantu sebelum negjahit bagian-bagian baju sebaiknya jelujur dulu antara brokat dan furing. Jelujur.nya pakai mesin jahit.Pilih panjang jahitan yang paling besar terus pakai benang beda warna yah, yang warna.nya contrast lebih yummy lagi alasannya ialah nanti benang jelujuran ini kita ambil.Tapi kak, kalo menurutku yah,enakan pakai tangan loh jelujurnya.

7. Kalo kain.nya licin banget,terus jahitan.nya buruk ,coba ganti pakai sepatu mesin jahit untuk kain licin,biasanya dari plastik,Tapi kalo gak ada dapat pakai sepatu jahit biasa terus bab bawahnya beri solasi/lakban bening.

8. Untuk kain-kain manjah begini,selain jarum yang digunakan ukuran.nya kecil,setting pula untuk setik jahitan mesin jahitan yang sedikit lebih kecil daripada biasanya.Dan kalo mendedel jahitan kecil ini sungguh kecewa, menyiksa mata,dan bikin sedih.Kayak pacaran usang banget tapi ujung-ujungnya bubar. 

9. Untuk velvet bab kelim.nya, pakai kelim kecil,suapaya terlihat rapi .

10. Selesai.


Nah itulah langkah-langkah menjahitnya semoga bisa membantu ya, selamat mencoba.
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

1 Response to "Cara Menjahit Kain Brokat dan Velvet"