Cara Jahit Saku Celana Bagian Belakang Pakai Tutup

Cara Jahit Saku Celana Bagian Belakang Pakai Tutup 

Cara Jahit Saku Celana Bagian Belakang Pakai Tutup,-Selamat berjumpa kembali dengan saya dengan mengikuti perkembangan zaman semua orang pasti sangat perlu dengan berpose dengan penampilan yang menarik laki-laki maupun wanita pasti semuanya butuh penampilan yang kkeren. Adapun pakaian itu sangat banyak sekali dan beragam corak warna itupun juga dibutuhkan kesesuaian dengan tubuh anda,

Akan tetapi celana juga sangat banyak model sakunya dan juga banyak bermacam macam fariasi, Nah jika anda kurang bisa membuat saku celana belakang jangan kuatir disini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya membuat saku celana bagian belakang ada tutupnya. Apakah anda ingin belajar membuat saku celana disini saya akan memberikan caranya yang mudah dan bagus.

Juga dibutuhkan ketelatenan juga karna karna niat belajar itu juga bagian sangat penting untuk keseriusan jadi harus betul-betul ada niat ingin bisa membuatnya untuk belajar menjahit pakaian. Sebelum belajar menjahit saku diperlukan beberapa peralatanya seperti -gunting kain-kaian keras-polpoin pensil warna-kain aplikasi saku-setrika-

                                                                            
Berikut ini caranya jahit saku celana bagian belakang pakai tutup, Siapkan kain aplikasi membuat dua bibir dulu di potong lebarnya kurang lebih 5cm dua kemudian panjangnya 16cm. Lalu kemudian kain yang sudah di potong dua bagioan tadi di tempelin kain kapas yang lengket terus disetrika sampai lengket.

Setelah disetrika lipatlah jadi dua langkah berikutnya lipatan tadi dijahit 8mili cm sebetulnya tidak harus 8mili cm akan tetepi tergantung dengan keinginan ukuran yang anda inginkan untuk menjadikan bibir yang bagus itu jangan terlalu besar lebih bagus agak kecil sedikit. Jadi membuat dua bibir itu harus sama jahitanya biar bagus kelihatanya.

                                                                                 
Cara Jahit Saku Celana Bagian Belakang Pakai Tutup
www.caramenjahitpakaian.blogspot.co.id

Langkah selanjutnya yaitu caranya membuat tutup sakunya potonglah kain lebarnya kurang lebih14cm lebih kemudian panjangnya 15,5cm ini adalah ukuran kotornya setelah itu potongan kain tadi ditempelin kain keras yang agak kaku lalu kemudian di setrika sampai betul-betul lengket pada kain untuk motong kain keras potonglah secukupnya buat tutup saku saja tidak harus sama pada ukuran kain tutup saku .

Untuk menghasilkan ukuran tutup saku yang bagus nanti hasil jadinya adalah, Panjangnya 13cm dan lebarnya 4,3milicm ini adalah ukuran tutup saku celana biasa standart.

Langkah berikutnya adalah membuat patrun / mal buat tutup sakunya kalau membuat patrun itu harus ukuran pas karna ukuran tutup sakunya itu tergantung pada patrun. Kemudian kalau patrunya sudah jadi dibentuk tinbggal jahitnya cara jahitnya adalah patrun tadi yang sudah siap tempelin pada bahan kain yang akan di buat tutup tadi jangan terlalu pas kalau bisa turunkan sedikit kira-kira 1,1/2cm.

Lalu kemudian jahitlah pinggir tepi patrunnya jangansampai kena jahita patrunya setelah dijahit sisa jahitan pinggir tadi digunting dilebihi 1cm untuk dibagian lengkung itu di kenip sedikit jangan terlalu banyak jahitan juga jangan sampai kena kenipan gunanya di kenip sedikit adalah menjadikan lengkungan atau model tutup saku itu menjadi rajin.

Perlu di ketahui jahit patrun pada kain tutup saku itu posisi kain keras itu ada diluar dan patrunya di atasnya kain keras. Nah kalau sudah jahitnya. Langkah berikutnya adalah jahitan tadi di balik jadi posisi kain keras itu ada di dalam selanjutnya kalau sudah di balik dijahit tepi atau di tindes kemudian tutup tadi ditempeli bibir yang sudah jadi kemudian dijahit diatas pada tutupnya di ukur pas 4,3mili cm.

Langkah selanjutnya adalah memasang pada badan celana tandai pakai kapur kain pas tengah panjangnya sama pada panjang tutupnya13cm setelah ditandai cara jahitnya tutup di atas bada di posisi bawah badan itu kain saku atau kain furing ukuran kain saku furing itu panjangnya 44cm dan lebarnya 16cm sakunya untuk kain furing saku posisi naik sedikit 2cm pada tanda  13cm tadi.

Kemudian jahitlah jahitan ikutulah pada jahitan pertama pada jahitan bibir yang sudah nempel pada tutup tadi. Diposisi bawah tutup itu jahitan bibir yang satunya jadi tutup saku sama bibir bawah itu saling  berhadapan untuk menjadikan jahitan bibir saku usahakan pada langkah awal jahitan itu usahakan di tres atau di kunci agar supaya jahitan kuat tidak cepat sobek.

Jika sudah dijahit bibir sama tutupnya langkah berikutnya pas tengah -tengah antara bibir sama tutup itu di sobek perlu di ingat sobekan itu jangan sanpai terkena jahitan juga pas ujung jangan sampai kena sobekan
juga kalau kena gunting hasilnya jahitan saku kurang rajin. Kalau sudah di gunting lipatlah kedalam dibagian bibir bawah dijahit pinggir.

Kemudian tinggal jahit furing saku di ukur berapa panjang sakunya lalu kemudian kain furing di lipat kemudian jahitlah pada bibir tadi setelah dijahit lebihan jahitan furingnya di potong 1/2cm lalu lebihan jahitan bungkuslah dengan kain furing bungkusan kain furing lebarnya 1/2cm kemudian dijahit jadi kelihatan bersih.

Nah itulah tadi tutorial yang saya berikan semoga bermanfaat dan anda bisa mencobanya belajar membuat saku pakai tutup yang keren dan simpel di rumah anda terimakasih atas kunjungan anda di blogg saya.

Related Posts:

0 Response to "Cara Jahit Saku Celana Bagian Belakang Pakai Tutup "

Posting Komentar