Inilah Cara Tepat Mengatur jarak Setikan Jahitan

Inilah Cara Tepat Mengatur jarak Setikan Jahitan

Inilah Cara Tepat Mengatur jarak Setikan Jahitan


Inilah Cara Tepat Mengatur jarak Setikan Jahitan,- Mesin jahit manual atau mesin jahit konvensional merupakan mesin jahit yang lebih dulu dikenal banyak orang yang berfungsi untuk menjahit lurus. Pada awal perkembangannya mesin jahit manual digerakkan dengan tangan yaitu dengan pemasangan kayu engkol pada roda pengatur, kemudian mesin ini digerakkan dengan kaki yaitu dengan dipasang tali mesin pada roda pengatur yang dihubungkan dengan injakan mesin dalam menggerakannya.

Dan disini saya akan memberikan cara yang tepat untuk mengatur jarak pada jahitan, pasalnya jika jarak tidak sesuai nantinya akan berpengaruh pada hasil jahitan anda. Pengaturan jarak setikan harus memperhatikan jenis bahan yang akan dijahit. Setikan yang tepat ialah yang tidak terlalu rapat (kecil-kecil) sehingga dapat menyebabkan bahan berkerut.

Dan inilah jarak setikan jahitan yang sesuai dengan kainnya :

  • Kain berat dan tebal = 10 setikan untuk 2,5 cm (1 inch) menggunakan jarum nomor 16. 
  • Kain berat ringan = 12 setikan untuk 2,5 cm (1 inch) menggunakan jarum nomor 14. 
  • Kain sedang tipis = 14 setikan untuk 2,5 cm (1 inch) menggunakan jarum nomor 11. Sebaliknya jarak setikan yang terlalu lebar (setikan lebar-lebar) akan mengurangi kekuatan dari jahitan itu sendiri. Untuk mengatur rapat, renggang, atau panjang pendeknya setikan perhatikan bagian pengatur jarak setikan yang terdiri dari : 
  • Tiang pengatur jarak setikan dan maju mundur setikan (a). 
  • Mur pengatur atau pengunci jarak setikan (b). Nomor yang tertera pada piringan kanan kiri tiang pengatur jarak setikan menunjukkan kerapatan setikan.
Inilah Cara Tepat Mengatur jarak Setikan Jahitan

  • Nomor/angka 7 menunjukkan setikan yang renggang atau panjang. 
  • Nomor/angka 15 menunjukkan jarak setikan yang sedang. 
  • Sedangkan angka 30 menunjukkan jarak setikan yang rapat (setikan kecil-kecil). Agar jarak setikan sesuai yang kita inginkan cobalah membuat setikan pada perca sebelum memulai jahitan. Cara mengatur jarak setikan adalah sebagai berikut: 
  • Kendurkan sekrup/mur yang ada di sebelah kiri.  Naikkan/turunkan tiang pengatur jarak setikan yang diinginkan dan sekrup/mur dikencangkan kembali.

Nah jadi begitulah cara untuk mengatur jarak setikan pada jahitan, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih sudah mampir ke article kami :)

Related Posts:

0 Response to "Inilah Cara Tepat Mengatur jarak Setikan Jahitan"

Posting Komentar