BAGIAN-BAGIAN MESIN JAHIT DAN FUNGSINYA

BAGIAN-BAGIAN MESIN JAHIT DAN FUNGSINYA

BAGIAN-BAGIAN MESIN JAHIT DAN FUNGSINYA


BAGIAN-BAGIAN MESIN JAHIT DAN FUNGSINYA,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai komponen-komponen pada mesin jahit beserta fungsinya, mungkin untuk penjahit yang masih pemula mengenal bagian-bagian mesin jahit masih kesusaha bukan? oleh karena itu disini saya akan membantu anda mengenal lebih jauh dan lebih detail pada bagian-bagian mesin jahit serta fungsinya.

Mesin jahit merupakan mesin untuk membuat suatu pakaian. Dalam satu kesatuan mesin jahit, terdapat bagian- bagian mesin jahit yang semuanya itu saling berkaitan dan berfungsi sesuai dengan peruntukkannya. Jadi apabila salah satu bagian lepas atau tidak dipasang maka otomatis mesin jahit tidak berfungsi juga. Bagian- bagian mesin jahit saling melengkapi dan saling terkait.

Dan inilah bagian-bagian pada mesin jahit :



1. Tuas Benang - Mengangkat dan menurunkan benang.

2. Tuas Angkat - Menurun dan menaikkan tiang penekan jahitan. 

3. Penjepit Benang - Menentukan tegangan benang atas. 

4. Kawat Benang - Menstabilkan posisi benang. 

5. Dudukan Jarum - Tempat memasang jarum yang biasa bergerak keatas dan kebawah saat mesin dijalankan. 

6. Sepatu Mesin Jahit - Untuk menjepit kain saat proses menjahit berlangsung. Dalam kegiatan jahit menjahit dikenal berbagai macam jenis sepatu mesin jahit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kaki sepatu ini dapat diatur tekanannya terhadap gigi penarik kain. Pengaturan tekanan dengan menyetel mur penekan pegas di atas kaki tempat sepatu tersebut. Tekanan sepatu ini dapat dibebaskan dengan cara menaikkan sepatu. Untuk memasang dan melepaskan kain dijahit, maka injakan sepatu haruslah dilepas dahulu.

7. Gigi Mesin Jahit - Penggerak atau pendorong kain disaat menjahit, sehingga bergerak maju saat proses menjahit. Komponen ini terletak di bawah sepatu mesin jahit. Gigi mesin juga bisa diatur sesuai kebutuhan, jika anda mau menjahit bahan tipis, gigi mesin dapat diatur letaknya agak menurut. Jika anda mau menjahit bahan yang lebih tebal, anda bisa mengatur gigi mesin supaya lebih naik. Untuk mengatur gigi mesin, anda dapat menggunakan alat pengatur gigi yang berada pada badan mesin jahit. 

8.Tuas Pengatur Jarak Jahitan - Mengatur jarak jahitan, kalau dalam mengetik sama dengan mengatur jarak spasi, fungsi utama bagian ini adalah untuk mengatur panjang pendek maupun renggang rapatnya jarak setikan suatu jahitan. Pengaturan dapat dilakukan dengan mengatur tombol penyetel panjang setikan yang terletak pada badan mesin. Angka 6-7 untuk setikan renggang, angka 12-15 untuk setikan sedang yang biasa digunakan, serta angka 20-30 untuk setikan paling rapat.

9. Roda Spul - Untuk mengisi spul dengan benang saat spul mau digunakan dan terletak di dalam sekoci. Benang yang digulung kedalam spool adalah benang bawah.

10. Skru Pengunci Mesin - Mesin jahit akan berhenti apabila bagian ini dilonggarkan. 

11. Roda Imbang - Roda untuk memulai dan memberhentikan mesin jahit. 

12.Tiang Dudukan Benang - Untuk menyimpan gulungan benang atau untuk meletakkan gulungan benang yang akan digunakan dalam proses menjahit. 

13. Pedal - Pedal berfungsi untuk menggerakkan mesin jahit. Cara menggunakan pedal yaitu dengan cara menginjaknya dengan kaki


Nah itulah bagian-bagian penting pada mesin jahit, semoga bisa memudahkan anda yaa untuk belajar.
Terimakasih sudah mampir ke article saya.

Related Posts:

0 Response to "BAGIAN-BAGIAN MESIN JAHIT DAN FUNGSINYA"

Posting Komentar