CARA MEMBUAT LUBANG KANCING BAJU

CARA MEMBUAT LUBANG KANCING BAJU

CARA MEMBUAT LUBANG KANCING BAJU


CARA MEMBUAT LUBANG KANCING BAJU,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat lubang kancing pada baju, adakah diantara kalian yang masih belum bisa membuat lubang kancing baju? terkadang hal ini memang sedikit sulit untuk penjahit yang masih pemula, pasalnya jika kita akan membuat lubang kancing maka harus sejajar dengan jahitan kancingnya. 

Kancing dan rumah kancing dipakai untuk menutup belahan yang terdiri atas 2 lapis yang bertumpukan yaitu pada bagian kiri dan bagian kanan busana. Untuk busana wanita letak belahan yang bagian kanan diatas dan bagian kiri dibawah atau lubang kancing terletak sebelah kanan dan kancing baju terletah disebelah kiri. Sedangkan untuk pria belahan bagian kiri diatas dan belahan bagian kanan dibawah (kebalikan dari letak belahan pakaian wanita).

Dan inilah langkah-langkah untuk membuat lubang kancing pada baju :

1. Pasangkan viselin pada tepi baju selanjutmya disetrika. Pada tutorial ini yang digunakan adalah kain berbentuk persegi panjang sebagai perumpamaan tepi baju yang akan dipasang kancing. 

2. Setelah itu ukur diameter kancing yang akan digunakan. Beri tanda pada kain sesuai panjang diameter kancing. Selanjutnya ambil pendedel dan tusukkan pada kain yang sudah diberi tanda. Buatlah sobekan sepanjang garis penanda tadi. 

3. Setelah dilubangi biasanya serat kain ada yang terburai dan ada yang tidak, tergantung jenis kain yang digunakan. Jika serat kain terburai, anda bisa merapikan tepinya dengan solder. 

4. Langkah selanjutnya yaitu menjahit tepi lubang dengan teknik tusuk feston. Pertama-tama tusukkan jarum dari bawah. Gunakan benang biasa yang dirangkap. 

5. Selanjutnya tarik jarum beserta benangnya ke atas lalu tusukkan jarum pada bawah tusukan yang pertama dengan posisi benang berada di atas. Tarik lagi jarum dan benang dengan posisi miring. Lakukan secara berulang-ulang dan inilah yang disebut teknik jahit feston. 

6. Jahit sampai semua tepi lubang tertutup dengan benang. Jika benang habis, sambungkan dan lanjutkan menjahit dengan cara seperti semula. 

7. Jika tepi lubang sudah dijahit semua, sampai disini proses belum selesai karena hasil tusuk feston biasanya masih renggang sehingga anda perlu mengulanginya lagi sampai benang benar-benar rapat dan menutupi tepi lubang. 

8. Selesai.


Nah itulah cara membuat lubang kancing pada baju semoga bisa bermanfaat yaa, silahkan dicoba dan terimakasih sudah mampir ke article saya :)

Related Posts:

0 Response to "CARA MEMBUAT LUBANG KANCING BAJU"

Posting Komentar