CARA TEPAT MENJAHIT KUPNAT

CARA TEPAT MENJAHIT KUPNAT

CARA TEPAT MENJAHIT KUPNAT


CARA TEPAT MENJAHIT KUPNAT,- Halo kemabli bersama saya, kali ini saya akan menjelaskan seperti mengenai langkah yang tepat untuk menjahit kupnat. Sudahkah anda tau apa itu kupnat? Kupnat adalah merupakan lipatan pada pakaian, biasanya dijahit membujur pada pinggang, untuk mengepas pakaian dan bentuk tubuh. Kupnat sering digunakan pada pakaian wanita, kupnat membuat pakaian terlihat pas di badan. Bagian pakaian wanita yang khas adalah menjahit kupnat. Bagian ini menjadi ciri khas baju wanita, baik itu model kemeja, rok, dress, atau celana. 

Penjahit biasanya menggunakan dua cara, yaitu lipat jahitan atau potong lekuk kupnat saat membuat pola. Sehingga, bagian itu tidak terlihat di detail jahitan. Menurut letaknya, kupnat bisa diletakkan dimanapun sesuai dengan keinginan dan desain yang hendak dibuat. Tipe kupnat pada bagian atas pakaian wanita sangat bermacam-macam yaitu shoulder dart (kupnat bahu), center dart (kupnat bahu), bust dart (kupnat dada), waist dart (kupnat pinggang), dan french dart (kupnat garis perancis). Tipe tersebut bisa dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi jahitan kupnat dan unik.

Dan inilah cara menjahitnya :

1. Pertama-tama buatlah garis pola pada kertas menggunakan pensil atau spidol. Kemudian tempelkan kertas pola diatas kain, lalu pindahkan garis pola yang terdapat pada kertas keatas media kain menggunakan kapur jahit yang berlainan warna dengan kain bahan utama.

2. Untuk memudahkan pembuatan kupnat sematkan jarum pentul pada tiap sisi-sisi kupnat kemudian balikkan kain dan beri titik penanda sesuai posisi jarum yang menembus kain.

3. Singkirkan potongan kertas pola kemudian hubungkan titik-titik penanda dengan bantuan penggaris. Jika penggunaan kapur jahit tidak begitu terlihat anda bisa mensiasatinya dengan membuat jahitan jelujur mengunakan benang dan jarum jahit yang berwarna mencolok sebagai penggantinya.

4. Lipat kain tepat pada pertengahan kupnat dan pastikan kedua garis yang terdapat masing-masing sisi berada dalam posisi sejajar lalu sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser. Tandai ujung kupnat menggunakan jarum pentul dengan posisi tegak lurus.

5. Jahit kupnat dari bagian ujung atas kebawah sesuai garis tanda yang telah dibuat.

6. Setelah bagian kupnat terjahit dengan sempurna selanjutnya setrika bagian tersebut untuk memberikan kesan lebih rapi dan menarik.

7. Selesai.


Nah itulah caranya untuk menjahit kupnat, mudah difahami kan?
Semoga bisa bermanfaat dan membantu yaa, terimakasih sudah mampir ke article saya.

Related Posts:

0 Response to "CARA TEPAT MENJAHIT KUPNAT"

Posting Komentar