Tips Membuat Lubang Kancing Bobok

Tips Membuat Lubang Kancing Bobok

Tips Membuat Lubang Kancing Bobok


Tips Membuat Lubang Kancing Bobok,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menjelaskan juga memberikan tips kepada anda untuk membuat lubang kancing bobok. Sebelumnya sudah adakah yang tau apa itu kancing bobok? jika belum mari saya jelaskan dahulu. Kancing merupakan salah satu item pada pakaian/baju yang sudah sering kita lihat dan tentunya kita semua sudah mengetahui apa dan bagaimana kancing. Kancing berfungsi sebagai “sarana” atau “media” bukaan pada baju selain resleting. Selain sebagai bukaan, kancing pada baju juga ada yang berfungi hanya sebagai aksen/hiasan.

Dan kancing bobok adalah kancing yang tidak terlihat dari luar karena ditutup lapisan lagi dan kantong saku bobok berada dalam bahan kemeja, jadi yang terlihat hanya bagian mulut sakunya saja. Proses pengerjaan jenis kancing dan saku bobok ini lebih rumit daripada yang model tempel dan luar, terutama pada bagian sakunya, karena kalau salah bobok/motong harus ganti bahan kemeja. dan khusus untuk batik atau bahan bermotif, menentukan posisi bobokan agar motifnya ketemu/nyambung antara motif mulut saku dan bahan kemeja itu cukup sulit.

Berikut langkah-langkah untuk membuat kancing bobok/pasepoal :

1. Beri tandai lubang kancing paspoal pada bagian buruk blus diberi viselin dengan ukuran panjang 3 cm dan lebar 2 cm.

2. Dempetkan kumai serong (kain yang digunting dengan arah serong atau diagonal dengan cara melipat bahan atau kain dengan sudut 45 derjat) tepat di atas tanda dengan posisi bagian baik pakaian ke atas, dempetkan kumai serong bagian baik menghadap bagian baik busana sesuai dengan ukuran panjang lubang kancing (garis tengah kancing).

3. Pindahkan tanda panjang dan lebar lobang kancing kebahan busana. Jelujur dan jahit mesin sisi sebelah atas dan sisi sebelah bawah belahan.

4. Gunting garis tengah belahan dengan cara menggunting garis-garis tengah mulai dari tengah sampai 0,8 cm sebelum ujung sampai kedua ujung dan dari sini di gunting arah diagonal menuju sudut.

5. Balikkan bis kebahagian dalam pakaian dan rapikan lebar bis, lalu rapatkan belahan dengan tusuk balut.

6. Jahitkan guntingan sudut segitiga pada bagian dalam pakaian lalu di stik mesin garis lebar bis pada kedua sisinya dari bagian luar pakaian.

7. Gunting celahan pada lapisan belahan bagian dalam pakaian sama lebar dengan lebar lobang kancing, kemudian jahit dengan tusuk balut.

8. Satukan lubang kancing paspoal bahan utama dan lubang pada lapisan dengan tusuk soom.

9. Selesai.


Nah itulah langkah0langkah untuk membuat lubang kancing bobok/pasepoal, semoga bisa bermanfaat dan membantu ya.
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Tips Membuat Lubang Kancing Bobok"

Posting Komentar