CARA MENJAHIT CELANA PENDEK

CARA MENJAHIT CELANA PENDEK

CARA MENJAHIT CELANA PENDEK


CARA MENJAHIT CELANA PENDEK,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan memberikan tips untuk anda bagaimana caranya untuk menjahit celana pendek. Cara menahitnya seperti biasa anda menjahit celan-celana pada umumnya, namun sedikit berbeda di ukurannya saja. 

Membuat celana pendek mungkin terlihat menakutkan bagi penjahit pemula, namun Anda sebenarnya dapat membuat celana pendek dengan pinggang karet yang nyaman dengan waktu yang singkat dan sedikit usaha serta kesabaran.Langsung saja simak sampai habis yaa.

Bahan-bahan yang diperlukan : 
1. Ukuran badan pria : 
  • Lingkar pinggang = 70 cm 
  • Panjang ceiana = 43 cm 
  • Lingkar panggul = 85 cm 
  • Lingkar selangkang = 62 cm 
  • Lingkar paha = 48 cm 
  • Lebar ujung celana = 49 cm 
( atau bisa anda sesuaikan dengan ukuran anda sendiri )

2. Kertas pola 
3. Buku Pola 

Alat-alat Kerja : 
1. Pita ukur 
2. Mistar 
3. Pinsil 
4. Pinsil merah biru 
5. Pulpen 
6. Skala 
7. Penghapus 
8. Gunting

Dan inilah langkah-langkahnya untuk menjahit celana pendek :

1. Siapkan kain yang dipilih. 
Tips, pilihlah kain katun/rayon karena nyaman dipakai dan mudah dijahit.

2. Gambarlah pola celana diatas kertas koran/kertas khusus pola seperti dibawah ini. Untuk ukurannya silahkan disesuaikan dengan ukuran badan anda ya. Bagian yang perlu anda ukur adalah : lingkar pinggang dan lingkar paha.
Sematkan pola diatas kain dengan menggunakan jarum pentul. Lipat kain menjadi 4 lipatan dengan posisi 2 lipatan kain menghadap luar dan 2 lipatan kain menghadap kedalam.

3. Potong kain tadi sesuai pola sehingga menghasilkan empat bagian seperti dibawah ini.

4. Tumpuk setiap pasang potongan kain (jadi ada 2 pasang) dengan sisi bagian luar saling menempel (sehingga yang terlihat hanya kain bagian dalam, kemudian jahit bagian lengkungannya.

5. Supaya celana semakin unyu, anda bisa menambahkan kantong di bagian belakang atau samping. Kalau gambar dibawah ini memperlihatkan kantong yang dijahit dibagian belakang.

6. Buka lipatan kain yang telah disatukan. Tumpuk kedua bagian kain yang sudah dijahit dengan sisi bagian luar saling menempel (sehingga yang terlihat hanya kain bagian dalam, kemudian jahit bagian lengkungannya. Jahit satukan bagian samping (kanan dan kiri paha) dan bagian segitiga sama kaki (selangkangan).

7. Setelah semua bagian disatukan, sekarang lipat bagian ujung celana dua kali ke bagian dalam (agar rapi) kemudian jahit mengikuti lipatan.

8. Lipat bagian pinggang dua kali ke bagian dalam, kemudian jahit mengikuti lipatan. Sisakan sela-sela selebar 5 cm untuk masuknya elastis. 
Penting : lebar lipatan harus lebih besar dari lebar elastis yang akan dimasukkan ke bagian pinggang celana.

9. Sematkan peniti pada salah satu ujung elastis, kemudian masukkan ke sela-sela lipatan pinggang celana yang sudah disiapkan. Dorong terus elastis mengelilingi lipatan pinggang celana hingga kembali ke sela-sela tempat awal elastis dimasukkan. Jahit kedua ujung elastis, ulangi beberapa kali agar elastis yang telah disatukan menjadi kuat dan tidak mudah rusak.

10. Setelah elastis disatukan dan dijahit, tutup bagian sela-sela selebar 5 cm yang tadi tersisa dengan jahitan mengikuti garis jahitan keliling pinggang.

11. Langkah terakhir : agar bagian pinggang celana semakin rapi dan kuat, jahit bagian tengah lipatan pinggang yang sudah ber-elastis. Caranya tarik lipatan celana agar tidak berkerut kemudian jahit mengikuti keliling pinggang hingga kembali ke titik awal.

12. Selesai.


Nah begitulah caranya untuk menjahit celana pendek, semoga bisa yaa dan mudah untuk dipelajari.
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "CARA MENJAHIT CELANA PENDEK"

Posting Komentar