Tips Menjahit Resleting Jepang Tanpa Sepatu Jahit Jepang

Tips Menjahit Resleting Jepang Tanpa Sepatu Jahit Jepang

Tips Menjahit Resleting Jepang Tanpa Sepatu Jahit Jepang


Tips Menjahit Resleting Jepang Tanpa Sepatu Jahit Jepang,- Halo kemabli lagi bersama saya kali ini saya akan memberikan tips kepada anda, bagaimana caranya untuk menjahit resleting jepang namun kita tidk perlu menggunakan sepatu jepang, kok bisa? ya bisa dong simak sampai selesai ya.

Resleting jepang atau bisa di sebut juga conceal invisible zipper adalah jenis resleting yang gigi nya tertutup, Resleting jepang banyak di gunakan pada pakaian perempuan, sebagai contoh resleting jepang banyak di gunakan di rok, drees, gaun, dan juga baju muslim muslimah. Lalu bagaimana cara memasang risleting jepang. 

Resleting jepang biasanya dijahitkan dari bagian dalam pakaian sehingga risleting ini tidak terlihat dari bagian luar. Bagi pemula yang baru belajar menjahit mungkin mengalami kesulitan dalam menjahit resleting jepang karena mungkin menjahitnya dengan sepatu jahit jepang, padahal biasanya pemula masih menggunakan mesin yang biasa. Nah oleh karena itu disini anda bisa menggunakan mesin biasa untuk menjahit resleting jepang. 

Berikut langkah-langahnya :

1. Langkah pertama, siapkan bahan yang akan dipasangi risleting bisa berupa bagian baju maupun rok. Ukur panjang risleting lalu beri tanda sebagai bahan acuan untuk di jahit.

2. Untuk resletingnya Potong kain  ukuran 12 x 40 cm sebanyak 2 lembar.

3. Beri jarak 3 cm pada masing-masing kain. Gunakan kapur jahit untuk menandainya

4. Pasang resleting jepang di kain sebelah kanan terlebih dulu. Perhatikan posisi resleting. Bagian gerigi resleting menghadap ke atas. Kemudian paskan dengan garis bantu tadi.

5. Tandai bagian akhir kepala resleting, lalu naikkan sebesar 3 cm ke atas sebagai penanda batas jahitan.

6. Gunakan sepatu jahit berkaki satu untuk menjahit resleting. Jahit resleting dari atas. Posisi jarum jahit mepet dengan bagian gerigi resleting. Jahit dari atas hingga batas akhir jahitan tadi.

7. Setelah bagian kanan terjahit, sekarang giliran sebelah kiri. Langkahnya sama seperti sebelah kanan. Hanya saja pada saat menjahit resleting, jahitnya dari bawah ke atas.

8. Setelah keduanya terjahit, balik, dan tarik resleting ke atas. Ini hasilnya. Bagian resleting tidak terlihat. Makanya disebut invisible zipper. Jika setelah dibalik bagian resleting masih terlihat, berarti sewaktu menjahit kurang mepet sekali dengan resleting. Ulangi langkah menjahitnya.

9. Balik dan tumpuk kedua bagian depan kain. Kemudian dari batas akhir jahitan tadi, tandai jarak lebar 3 cm ke bawah. Bagian resleting yang tidak terjahit, didorong keluar dan sematkan jarum pentul. Tujuannya agar nanti pada saat menjahit, sisa resleting ini tidak ikut terjahit. Kemudian jahit tanda garis tersebut.

10. Setelah dijahit, baliklah. Sekarang bagian yang dijahit sudah terjahit dan tertutup semua.

11. Selesai.

Nah itulah tips untuk menjahit resleting jepang tanpa sepatu jahit jepang, semoga bisa membantu ya.
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menjahit Resleting Jepang Tanpa Sepatu Jahit Jepang"

Posting Komentar