Cara Tepat Mengasah Gunting Kain

Cara Tepat Mengasah Gunting Kain

Cara Tepat Mengasah Gunting Kain


Cara Tepat Mengasah Gunting Kain,- Halo temen-temen kembali lagi bersama saya kali ini saya akan sedikit memberikan anda tips untuk mengasah gnting kain aar tetap terjaga ketajamannya dan juga tidak mudah tumpul, pernag ngga saat anda ingin menggunakannya namun ternyata gunting anda mudah sekali tumpul dan sulit digunakan? pasti pernah bukan, nah agar tidak terjadi hal yang sama berulang kali padahal gunting tersebut masih baru, saya akan memberikan tips yang mudah anda lakukan agar gunting anda tetap terawat dengan baik.

Gunting merupakan salah satu alat sederhana namun keberadaanya sangat penting untuk keperluan alat rumah tangga kita. Manfaat alat yang terbuat dari besi ini sebenarnya untuk memotong, namun terkadang kita menggunakannya bukan sekedar memotong saja namun untuk keperluan lain, misalnya untuk menjongket. Mengasah gunting ini sudah tentu mempunyai tujuan agar gunting lebih tajam lagi setelah digunakan.

Namun sebelum kita sampai pada rahasia cara menajamkan gunting yang sudah tumpul ini, ada baiknya kita perlu tahu hal-hal apa saja yang bisa membuat gunting kain kita cepat tumpul. 

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa membuat gunting kain kita cepat tumpul. 

1. Digunakan untuk memotong berbagai macam bahan

2. Gunting kain untuk menggunting benda-benda keras.

3. Gunting pernah atau sering terjatuh

4. Memang sudah waktunya

Dan Berikut adalah cara untuk mengasahnya agar tajam kembali :

1. Pertama siapkan kerikil asahan ibarat gambar berikut ini, jikalau tidak ada dapat juga memakai kertas hampelas atau kerikil gerinda.

Cara Tepat Mengasah Gunting Kain


2. Kedua siapkan gunting yang akan kita asah, bab inilah yang harus kita asah, dan jangan hingga salah.

3. Tempelkan bab yang harus di asah tersebut ke kerikil asahan kemudian lakukan gerakan maju mundur dengan posisi gunting agak menyerong, tambahkan minyak mesin pada permukaan kerikil asahan semoga licin, jangan memakai air alasannya yaitu akan menjadikan gunting menjadi berkarat.

4. Lakukan pengasahan pada kedua bab gunting tersebut, dan jikalau di rasa sudah cukup tajam lakukan percobaan dengan cara menggunting-gunting kain sisa.

Selain cara di atas Anda juga bisa memakai cara kebalikannya yaitu dengan cara menggosokan kerikil asahan ke guntingnya, caranya adalah pegang gunting dengan tangan kiri dan kerikil dengan asisten kemudian gosokan batu  ke gunting hingga dirasa sudah tajam, memang agak sulit jika anda belum terbiasa mendingan memakai cara yang saya ajarkan di atas saja alasannya yaitu lebih kondusif dan di jamin menghasilkan gunting yang tajam.

Nah itulah cara untuk mengasah gunting kain, semoga bisa membantu yaa.
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Cara Tepat Mengasah Gunting Kain"

Posting Komentar