Inilah Langkah Belajar Menjahit Secara Otodidak

Inilah Langkah Belajar Menjahit Secara Otodidak

Inilah Langkah Belajar Menjahit Secara Otodidak


Inilah Langkah Belajar Menjahit Secara Otodidak,- Berkeinginan untuk belajar menjahit memang sudah sangat awam bukan? tentu saja kebanyakan dari kalangan perempuan namun sayang kadang masih ada beberapa yang belum tau langkah apa saja yang harus mereka pelajari saat masih awal soalnya dulu saya juga begitu hehehhe. Nah maka dari itu disini saya akan memberikan penjelasan langkah-langkah untuk bisa belajar menjahit secara otodidak.

Salah satu poin yang paling penting adalah menghilangkan kebiasaan angin-anginan/ malas saat belajar menjahit untuk pemula, dan berikut beberapa yang harus anda perhatikan sebelum memulai belajar menjahit.

1. Yakinkan Diri Sendiri Bahwa Anda Memang Ingin Belajar Menjahit 
Berhubung anda belajar menjahit otodidak maka andalah yang harus mengatur segalanya, mulai dari awal belajar hingga mahir. Oleh karena itu sebelum mulai anda harus benar-benar memantapkan diri untuk siap tekun dalam belajar menjahit.

2. Beli Alat dan Bahan untuk Menjahit
Sebagaian orang yang mau belajar menjahit bingung mau mulai dari mana. Menurut saya langkah pertama yang tepat yaitu dengan memiliki Perlengkapannya. Buat kamu yang baru belajar mulailah dengan membeli perlengkapan menjahit yang wajib-wajib dulu yang tidak mahal-mahal kecuali mesin jahit. Contohnya jarum, benang, kain, gunting, gunting benang, penggaris, pensil kain/kapur kain, karbon kain dan rader, mesin jahit ( saya sarankan mesin jahit yang manual ).

3. Rancanglah Langkah-Langkah Belajar Menjahit Anda 
Agar pembelajaran anda lebih tepat dan terarah sebaiknya anda membuat kurikulum belajar sebagai pegangan. Anda dapat membuat kurikulum dengan mengambil dari beberapa referensi yang banyak beredar di internet. Sebagai seorang pelajar otodidak, anda dapat menyesuaikan kurikulum pembelajaran anda dengan kemampuan anda. 

Dengan begitu anda bisa belajar menjahit dengan lebih menyenangkan tanpa tekanan. Mulailah dengan materi-materi yang paling mudah, seperti, “cara membuat pola baju”. Tak perlu terburu-buru dalam menentukan target belajar. Sebab, keahlian anda akan terasa seiring berjalannya waktu.

Baca Juga : Jenis-Jenis Tusuk Jahitan dan Penjelasannya

4. Belajar Menjahit Lurus, Melingkar dan Mengunci Jahitan dengan Mesin Jahit
Bagi yang belum punya mesin jahit bisa lewati bagian ini, dan di coba kalau sudah punya mesinnya ya. Jahit lurus itu keliatannya seh gampang tinggal injek pedal sambil bantu tarik kainnya. Kalau biar rapi coba belajar dengan kertas atau kain bekas dulu. Kertas/kain bekasnya di buat banyak2 garis lurus, melingkar dan zigzag.

Lalu mulailah menjahit tepat di garis2 tersebut awali dengan injak pedal perlahan makin lancar makin di cepatin. Sambil belajar menjahit lurus dan menjahit melingkar coba la belajar mengunci jahitan dengan cara jahit 3-4 ke maju sesuai garis kemudian jahit mundur lagi 3-4 jahitan. Lakukan langkah ini di awal dan akhir jahitan kamu.

5. Praktek 
Anda bisa memulai proses belajar menjahit dengan mencoba menjahit yang mudah dan simpel misalnya menjahit sarung bantal, membuat tas sederhana. Anda bisa mendapatkan ilmu lebih banyak dengan cara browsing via internet atau membaca buku tutorial menjahit untuk pemula. Jika anda serius dan telaten, lama-lama ide menjahit akan muncul dengan sendirinya dan nanti akan bisa menjahit baju buat keluarga tercinta anda.


Nah itulah 5 langkah yang paling tepat buat anda yang ingin belajar menjahit secara otodidak semoga bisa membantu ya dan terimakasih sudah mampir ke article kami :)

Related Posts:

0 Response to "Inilah Langkah Belajar Menjahit Secara Otodidak"

Posting Komentar