Jenis-Jenis Tusuk Jahitan dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Tusuk Jahitan dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Tusuk Jahitan dan Penjelasannya


Jenis-Jenis Tusuk Jahitan dan Penjelasannya,- Teknik tusuk dasar jahit sering diperlukan terutama dalam membuat kerajinan, menisik, menambal pakaian ataupun memperbaiki kerusakan kecil pada pakaian yang masih layak digunakan. Dan tentu saja jenis tusuk jahitan sangat bermacam-macam, nah kali ini saya akan menjelaskan jenis-jenis tusuk jahitan serta penjelesannya. Baca sampai selesai ya :)

Jenis-jnis tusuk jahitan yang dimaksud adalah tusuk jelujur, tusuk balik, tusuk feston, tusuk flanel, tusuk batang, tusuk pipih, tusuk rantai, tusuk silang, tusuk tikam jejak dan juga tusuk piquar.

  1. Tusuk jelujur adalah jenis tusuk jahit yang mempunyai arah horizontal. Ukuran dan jarak tusuk jahitan selalu di atur sama panjang.
  2. Tusuk feston adalah tusuk jahit yang berfungsi untuk penyelesaian tiras seperti tiras lingkar kerung lengan atau pada pinggiran pakaian bayi.
  3. Tusuk flanel adalah tusuk jahit yang berguna untuk mengelim pinggiran busana yang diobras terutama untuk busana yang dibuat dari bahan yang mahal.
  4. Tusuk batang atau tusuk tangkai adalah jenis tusuk jahit yang dapat dipakai untuk membuat hiasan.
  5. Tusuk pipih termasuk ke dalam jenis tusuk jahit yang biasa digunakan untuk meletakkan benang pada kain serta menutup seluruh permukaan ragam hias.
  6. Tusuk rantai adalah jesin tusuk jahit yang terdiri dari sekelompok jahitan yang berbentuk seperti rantai.
  7. Tusuk silang adalah teknik dasar menjahit yang bermanfaat untuk menjaga lipatan tetap berada pada posisinya saat disematkan pada lapisan atau kain yang lain, tusuk silang ini juga bisa digunakan untuk membuat hiasan.
  8. Tusuk balik adalah jenis teknik dasar menjahit yang bagua atasnya tampak seperti jahitan mesin namun bagian bawahnya tampak seperti jahitan rangkap.
  9. Tusuk piguar adalah untuk memasangkan bulu kuda pada jas atau mantel, sekaligus sebagai tusuk hias pada busana atau lenan rumah tangga.
  10. Tusuk balut adalah jenis tusuk jahit yang biasa dipakai untuk menyambung dua bagian yang letaknnya harus tepat menurut coraknya.

Nah itulah 10 jenis-jenis tusuk beserta penjelasan sekaligus fungsi dari masing-masing jenis tusuk jahitan, semoga bisa bermanfaat ya dan terimakasih sudah mampir ke article kami.

Related Posts:

0 Response to "Jenis-Jenis Tusuk Jahitan dan Penjelasannya"

Posting Komentar