Macam-Macam Kerusakan Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Kerusakan Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Kerusakan Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya


Macam-Macam Kerusakan Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya,- Mesin Jahit memang tak selamanya berjalan dengan lancar, pasti ada saja kendala yang terjadi dan kita kadang tidak tau kenapa bisa rusak bahkan tidak tau juga cara mengatasinya. Nah kali ini saya akan menjelaskan beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mesin jahit anda.

1. Mesin Jahit Macet 
Mesin jahit macet tidak bisa menjahit disebabkan adanya benang kusut dan nyangkut di needle hook (batang jarum). Selain itu mungkin juga disebabkan adanya penumpukan debu dan sisa serat kain pada gigi mesin. Perbaikan pada gangguan tersebut di mulai dari membersihkan mesin dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal dengan kuas atau sikat. Memberikan minyak pelumas pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. 

Langkah Kerja Perbaikan Mesin Jahit Macet 
  • Lepaskan benang jahit dari jahitan. 
  • Buka tutup sekoci. 
  • Putar kepala mesin/hand wheel dengan arah maju mundur dengan menggunakan tangan. 
  • Ambil dan bersihkan benang yang tersangkut atau kusut pada rumah sekoci dan sekitarnya.
  • Nyalakan mesin jahit untuk mencobanya.
2. Benang Jahit Bawah Sering Putus 
Penyebab gangguan : benang bawah digulung pada spul/kumparan dengan tidak rapi, tegangan benang pada sekoci terlalu besar, atau putaran benang bawah kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam), atau sebab lain jalur benang tidak sempurna melewati rumah sekoci. 
Cara Mengatasinya :
  • Periksa pemasangan spul benang pada sekoci, bila benang ditarik pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam.
  • Pastikan jalur benang bawah sudah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar
3. Mesin Jahit Berisik 
Mesin jahit bersuara keras atau berisik disebabkan karena minyak tidak menempel di batang jarum. Hal ini terjadi karena kualitas minyak yang dipakai tidak bagus. Biasakan untuk selalu menggunakan minyak mesin jahit yang berkualitas bagus. Selain itu bersihkan juga mesin jahit dari serat-serat kain dan juga benang yang biasanya tertinggal di sekitar gigi mesin jahit. Gunakan kuas untuk hasil yang lebih bersih, bila perlu gunakan minyak pelumas pada penutup gigi.

4. Hasil Jahitan Tidak Kuat/Kendur
Penyebab gangguan : karena benang atas dan bawah tidak seimbang (kencang sebelah). 
Cara Mengatasinya :
  • Sesuaikan tegangan benang atas menjadi seimbang dengan tegangan benang bawah 
  • Bila benang atas kendur, putar ke kanan pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata. 
  • Bila benang atas terlalu kenceng, putar ke kiri pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata. 
  • Hasil jahitan bisa kuat dan rata bila ketegangan benang atas dan ketegangan benang bawah seimbang, sama seretnya, pada tingkat keseretan yang pas.
5. Kain atau Bahan Mengkerut Seacar Merata
Bahan berkerut tidak licin pada ketika di jahit sanggup disebabkan lantaran lebar setikan terlalu besar, tekanan sepatu ke materi atau kain kendor, tegangan benang atas dan benang bawah ukuran dan jenisnya berbeda atau kain yang di jahit terlalu tipis dan lembut. Akibatnya ketegangan benang atas dan bawah bisa seim-bang tetapi terlalu kuat ketegangan benangnya, hasil jahitan yang terlalu kuat bisa membuat kain hasil jahitan berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.
Cara Mengatasinya :
  • Periksa kembali sekoci mesin, pastikan posisi benang bawah sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya 
  • Putar ke kiri pengatur ketegangan benang atas sampai keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.
6. Hasil Jahitan Loncat 
Hasil setikan mesin menjahit kadang loncat-loncat tidak terjahit hal ini dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut. 
  • Salah menggunakan jarum. Untuk mengatasi hal tersebut pastikan jarum yang anda gunakan adalah jarum yang sesuai. Jarum standar mesin jahit portable sama dengan jarum standar mesin jahit hitam model lama atau kuno. 
  • Jarum bengkok atau tumpul. Solusi: ganti dengan jarum yang kondisinya bagus. 
  • Jarum terlalu kecil ukurannya. Untuk mengatasi hal tersebut ganti atau gunakan jarum dengan ukuran yang lebih besar. Jarum standar biasanya berukuran atau bernomor 14. 
  • Tension benang atas terlalu kencang. Untuk mengatasi hal tersebut kurangi ukuran atau nomor tensionnya sampai didapatkan setting yang tepat. 
  • Pemasangan jarum tidak benar. Cara mengatasi hal tersebut dengan cara melepaskan jarum dan kembali pasang jarum dengan benar. 
  • Jarum dan benang atas tidak cocok. Cara mengatasi dengan menggunakan jarum standar untuk mesin jahit portable multifungsi dan gunakan benang yang biasa dipakai untuk menjahit dengan kualitas yang baik. 
  • Pemasangan benang atas tidak benar. Cara mengatasinya dengan cara melepaskan benang atas dan kembali pasang benang atas dengan benar. 
  • Tekanan sepatu ke bahan atau kain kendor. Silahkan atur atau adjust tekanan sepatu ke bahan sampai tekanannya "tepat" kencang.
Nah itulah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mesin jahit anda dan cara mengatasinya, semoga bisa bermanfaat ya. Terimakasih sudah mampir ke article kami.

Related Posts:

0 Response to "Macam-Macam Kerusakan Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar