CARA MEMBUAT ROK MELINGKAR

CARA MEMBUAT ROK MELINGKAR

CARA MEMBUAT ROK MELINGKAR


CARA MEMBUAT ROK MELINGKAR,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan memberikan tips untuk anda tentang bagaimana caranya untuk membuat rok melingkar dengan benar dan bagus. Mungkin diatara kalian masih banyak yang belum bisa menjahit rok model ini? ataukah sudah ada yang jago. 

Rok lingkaran adalah rok bergelombang yang diberi nama sesuai bentuknya jika rok ini dibentangkan. Anda bisa membuat rok lingkaran sendiri dari kain yang dijual di toko atau dengan motif yang Anda buat sendiri. Walaupun Anda baru belajar menjahit, rok lingkaran bisa Anda selesaikan dalam waktu satu jam.

Langkah pertama yg perlu diukur adalah :
- Panjang rok 
- Lingkar pinggang,

Berikut langkah-langkah unuk membuat rok melingkar :

1. Pilih Bahannya
Rok melingkar dikenal karena memberikan penampilan yang melambai, jadi gunakanlah bahan yang tidak terlalu berat atau kaku.

2. Lakukan Pengukuran Tubuh
Gunakan pita pengukur di sekitar pinggul sebagai tempat melekatnya rok Anda, biasanya pada bagian terlebar pinggul. Karena rok ini akan berbentuk melingkar, Anda perlu mengerti sedikit geometri untuk menentukan pengukuran yang tepat. Untuk mencari tahu radius rok, pergunakan hasil pengukuran pinggul Anda dan tambahkan lima cm.

3. Buat Pola Kertas Anda 
Untuk radius pinggulnya. Anda hanya akan memerlukan potongan kertas untuk ¼ bagian roknya, jadi pilihlah kertas yang cukup besar. Gunakan pita pengukur dan letakkan pensil pada lubang di kertas. Temukan pengukuran radius Anda (atau sedekat mungkin dengan radius tersebut) dan pertahankan titik ini pada pita pengukur dengan tangan Anda, lalu bawa ke arah pojok kiri bawah kertas Anda. Saat Anda menahan pita pengukur dengan tangan kiri Anda, gunakan pensil untuk berputar pada bagian sisi-sisi kertas dengan tangan Anda.

4. Tambahkan Radius Panjang Rok Anda ke Polanya
Pilih panjang yang Anda inginkan untuk rok Anda. Gunakan pita pengukur untuk menandai jarak ini dari garis yang baru saja Anda buat untuk radius pinggul Anda dalam lingkaran lainnya. Gambar dari sisi ke sisi pada kertas, dengan titik awalnya adalah garis lingkar pinggul Anda.

5. Potong Pola dan Kain Anda
Potongkan kertas mengitari garis-garis yang telah Anda buat, sehingga Anda menciptakan sebuah bentukan kurva. Lipat kain menjadi dua, dan lipat dua lagi, sehingga Anda memiliki 4 bagian yang terlipat. Letakkan pola kertas pada sudut di mana Anda akan menggabungkan semua kainnya, dan potongkan mengikuti garis luar kertas.

6. Setrikalah Bagian Pinggang 
Untuk menyelesaikan garis pinggang, Anda harus menekan dan meratakan pinggirannya. Hal ini perlu untuk mencegah pinggiran yang kasar terbuka saat rok dikenakan dan dicuci. Lipat sebagian kain pada jarak 0,625 cm dari bagian atas rok dan gunakan setrika untuk meratakannya. Lalu gunakan mesin obras (jika Anda memilikinya) atau jahitan berbiku untuk menyelesaikannya.

7. Jahitkan Karetnya 
Karet ini sedikit lebih kecil daripada kain yang melingkari pinggang untuk kemudahan penggunaan. Karena itu, kedua ujungnya harus dijahitkan menjadi satu sebelum dimasukkan ke rok. Lipat karet menjadi dua, dan gunakan jahitan lurus untuk menyatukannya dengan menyisakan ruang selebar 1,25 cm. Lalu, jauhkan kedua ujungnya dan jahitkan melekat pada karetnya.

8. Tempelkan Karet ke Garis Pinggang Kain
Rok Anda harus sedikit melingkupi karet karena ukurannya lebih besar. Tempatkan garis pinggang di sekitar pinggiran atas karet, dan tusukkan karet mengelilinginya dengan rata.

9. Jahit Garis Pinggangnya
Mulailah menjahit, dengan karet yang tetap ditusukkan ke kain, kelilingi pinggiran karet pada bagian luar rok. Saat Anda melakukannya, regangkan karet sehingga tidak ada bagian yang longgar di mana kain dan karet tidak menyatu. Anda bisa menggunakan jahitan berbiku atau lurus.

10. Kelim Roknya
Lipat bagian bawah selebar 0,625 cm dan gunakan setrika untuk meratakannya.


Nah itulah langkah-langkah untuk membuat rok melingkar, semoa bisa bermanfaat yaa.
Terimakasih sudah mampr ke artice ini.

Related Posts:

0 Response to "CARA MEMBUAT ROK MELINGKAR"

Posting Komentar