JENIS-JENIS RESLETING

JENIS-JENIS RESLETING

JENIS-JENIS RESLETING


JENIS-JENIS RESLETING,- Halo kembali lagi bersama saya kali ini saya akan menjelaskan mengenai jenis-jenis resleting pada baju, celana maupun jaket. Penggunaan zipper atau resleting tidak hanya digunakan dalam pakaian saja, namun alat pengait ini biasa digunakan untuk sepatu, tas, koper, alat-alat olahraga, perlengkapan bertenda dan benda-benda dari tekstil, kulit, dan lain-lain.

Berikut jenis-jenis resleting beserta penjelasannya :

1. Coil Zipper
Disebut demikian karena wujud dari gigi resletingnya berbentuk gulungan panjang yang terbuat dari bahan polyester atau nylon. Resleting ini biasanya dipakai saat menjahit rok/ celana.

JENIS-JENIS RESLETING
Coil Zipper


2. Metal Zipper 
Sesuai namanya, gigi resleting ini terbuat dari bahan metal. Bahan metal yang biasa diperlukan merupakan brass/ kuningan, aluminium, dan nikel. Nah, resleting ini dipakai saat menjahit jaket.

JENIS-JENIS RESLETING
Metal Zipper




3. Delrin Zipper (Vislon Zipper) 
Delrin zipper mempunyai gigi yang serupa dengan metal zipper, namun bahannya terbuat dari resin polyacetal atau dapat memakai resin lain. Biasanya, resleting ini dipakai saat manjahit jaket atau coat panjang.

JENIS-JENIS RESLETING
Delrin Zipper (Vislon Zipper) 


4. Invisible Zipper 
Rata-rata orang lokal meyebut retsleting ini dengan retsleting jepang. Invisible zipper lebih mirip dengan coil zipper namun gigi pada invisible zipper tidak terlihat. Retsleting jenis ini biasanya dipakai saat menjahit rok ataupun gaun.

JENIS-JENIS RESLETING
Invisible Zipper 


5. Water Proof  Zipper 
Resleting jenis ini biasanya dipakai untuk menjahit busana olahraga, seperti penyelam atau kebutuhan lain yang berada di bawah air. Resleting type ini, dimanfaatkan buat didalam air bertekanan. Yg biasa dipakai oleh penyelam, atau kebutuhan lain ygberada di bawah tekanan air.

JENIS-JENIS RESLETING
Water Proof  Zipper 



6. Fire Proof  Zipper 
Retlseting jenis ini digunakan untuk menjahit baju yang memerlukan ketahanan pada suhu panas/ api, seperti pada baju pemadam kebakaran atau jok mobil.

JENIS-JENIS RESLETING
Fire Proof  Zipper 

Nah itulah 6 macam resleting beserta fungsinya, smoga bisa bermanfaat yaa.
Terimaksih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "JENIS-JENIS RESLETING"

Posting Komentar