Persiapan Untuk Membuka Usaha Menjahit

Persiapan Untuk Membuka Usaha Menjahit

Persiapan Untuk Membuka Usaha Menjahit


Persiapan Untuk Membuka Usaha Menjahit,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai persiapan apa saja yang harus anda lakukan untuk memulai usaha menjahit anda agar sukses dan laris manis. Mempersiapkan usaha menjahit memang harus matang-matang juga harus pintar mendapatkan pelanggan, nah oleh karena itu disini saya akan memberikan tips kepada anda langkah-langkah apa saja yang harus anda lakukan untuk mempersiapkan usaha menjahit.

Sebagai usaha jahit rumahan kita bisa menawarkan jasa perbaikan sederhana seperti memperbaiki resleting, memperbaiki celana atau baju yang sobek atau bisa juga jasa potong celana baik celana casual atau celana jeans. Memang ongkos untuk perbaikan-perbaikan seperti ini relatif kecil, namun tidak ada yang salah jika anda tetap bertekad membuka jasa seperti ini untuk menambah pemasukan. Meski ongkosnya kecil jika mulai mendapat banyak pelanggan maka pemasukanya pun kemudian bisa dibilang lumayan. Nah, jika pelanggan mulai banyak memperluas usaha menjadi lebih profesional menjadi pilihan anda.

Dan berikut persiapan yang harus anda lakukan untuk membuka usaha menjahit :

1. Mempersiapkan modal 
Terlebih dulu persiapkan peralatan usaha menjahit yang mencakup mesin jahit listrik, mesin obras, dan kemampuan atau keterampilan menjahit. 

2. Perlengkapan Alatnya yang Sederhana Dahulu
  • Satu buah mesin jahit saja sudah cukup untuk mengawali usaha perbaikan baju dan celana.
  • Perlalatan pendukung seperti benang, meteran baju, gunting, pisau kecil, jarum jahit, resleting berbagai ukuran, kancing baju berbagai ukuran dan motif harus dipersiapkan pada awal usaha anda.
3. Merekrut Tenaga Karyawan 
Jika anda ingin mengembangkan usaha menjahit menjadi sebuah bisnis maka anda mesti merekrut tenaga karyawan yang terampil dalam menjahit. Sehingga orderan yang besar pun bisa dikerjakan dalam waktu singkat.

4. Kreatif 
Selalu mengikuti perkembangan dunia fashion atau mode, Baik itu teknik menjahit atau pun seni tata busana yang baik. Hal ini tentunya berguna bagi para pelanggan Anda yang meminta saran.

5. Tepat Waktu 
Seringkali penulis menemukan usaha menjahit tidak melakukan langkah baik yaitu tidak tepat waktu dalam proses penyelesaian orderan. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti orderan sedang penuh, ia sedang sibuk bekerja di tempat lain dan lain sebagainya. Komitmen tepat waktu untuk pengerjaan orderan menjahit harus dipegang teguh oleh usaha jahitan. Karena ini menentukan sukses tidaknya sebuah usaha menjahit di masa depan.

6. Menemukan Distributor atau Supplier yang Tepat
baik itu mesin jahit dan peralatannya. Sehingga pasokan bahan atau alat lainnya tetap tersedia dengan cepat dan tentunya dengan harga yang murah.

7. Utamakan Kepuasan Konsumen
Bersikap dengan sabar, teliti dan tekun. Misalnya pengukuran saat fitting memerlukan ketelitian. Jika konsumen kecewa dengan hasil jahitan Anda akan menyebabkan mereka pindah ke penjahit lain.

8. Kerjasama dengan Toko Kain
Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan anda dalam menjalankan usaha menjahit atau memenuhi pesanan pelanggan. Misalkan pelanggan ingin membuat pakaian dari bahan tertentu maka anda tinggal mendapatkannya di toko bahan kain yang anda jalin kerjasama menguntungkan.

9. Pilih Lokasi 
Usaha Aspek penting lain agar usaha jahit menjahit laris manis dan mendapatkan pesanan jahitan dalam jumlah kecil hingga menengah dan banyak adalah memastikan lokasi usaha menjahit berada di daerah strategis yang mudah dijangkau dan dikenali banyak orang. Hal ini berdampak pada jumlah orderan pelanggan akan semakin banyak. Walaupun anda dapat mendirikan usaha menjahit di depan rumah, namun lebih menjanjikan dan menguntungkan apabila anda membuka usaha jahitan di lokasi strategis yang bisa disewa atau dibeli. Karena potensi keuntungan bisa lebih besar.

10. Promosi 
Usaha jahit menjahit di rumah pun memerlukan yang namanya promosi. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan usaha jahitan kepada masyakarat luas. Sehingga pesanan atau orderan bisa didapatkan dalam jumlah kecil hingga menengah.


Nah itulah beberapa persiapan yang harus anda lakukan untuk membuka usaja jasa menjahit, semoga bisa membantu ya. 
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Persiapan Untuk Membuka Usaha Menjahit"

Posting Komentar