Cara Menjahit Tehnik Zig-Zag Dengan Benar

Cara Menjahit Tehnik Zig-Zag Dengan Benar

Cara Menjahit Tehnik Zig-Zag Dengan Benar


Cara Menjahit Tehnik Zig-Zag Dengan Benar,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian cara-cara yang paling tepat untuk menjahit menggunakan tehnik zig-zag, Jahitan Zig zag biasanya sebagai jahitan yang fungsinya untuk merapikan pinggiran kain, yang kita bilang keliman. (keliman dan kampuh), pasalnya tehnik ini sering kita temukan ke baju atau lainnya. 

Tehnik Zig-Zag adalah jahitan yang dalam prosesnya berlangsung maju mundur dan digunakan ketika jahitan lurus tidak bisa dilakukan, seperti memperkuat kancing atau menjahit dengan kain yang dapat merenggang. Jahitan ini juga dapat digunakan untuk menyatukan sementara dua potong kain yang dijahitkan pada pinggir-pinggirnya. Jahitan ini terlihat seperti jalan yang berliku-liku (sesuai namanya) dan juga jarak jahitannya terdiri dari jarak yang pendek, medium, dan panjang. 

Jahitan tersembunyi (blind stitch) adalah varian dari jahitan zigzag. Jahitan ini disebut juga "keliman tersembunyi (blind hem)." Jahitan ini sangat mirip dengan jahitan zigzag, hanya saja jahitan ini terdapat beberapa jahitan lurus. Jahitan ini digunakan untuk membuat keliman yang tidak terlihat; dikatakan tidak terlihat karena liku-likunya tidak berada di sisi depan kain. Dengan sedikitnya jumlah jahitan liku-liku yang ada di bagian depan kain maka akan membuat jahitan tersebut semakin tidak terlihat

Dan inilah tehnik menjahit dengan cara zig-zag :

1. Mulailah dengan memasang cakram pola jahitan zig-zag 1 pada mesin jahit anda
Sebelum memutar selektor, pastikan jarum keluar dari kain. Selektor Posisi Jarum Sebagian besar jahitan zig-zag anda akan dilakukan dengan jarum pada posisi tengah, Pengaturan kiri, dan kanan digunakan untuk penempatan jahitan khusus.

2. Selektor Lebar Jahitan 
Untuk menghasilkan jahitan zig-zag lurus atau jahitan hias, selektor lebar jahitan digeser dari posisi jahitan lurusnya ke salah satu dari empat posisi lain. Semakin jauh anda menggeser selektor kearah kanan, akan semakin lebar jahitan anda.


3. Menyetel Panjang Jahitan 
Pengaturan panjang jahitan dari 1 sampai 4 akan memberi anda jahitan zig-zag terbuka. Semakin tinggi angkanya, akan semakin terbuka, atau semakin renggang jahitan anda. Area antara 0 dan 1 pada cakram angka digunakan untuk menyetel jahitan satin zig-zag, yakni sederetan jahitan zig-zag lurus rapat yang membentuk permukaan halus mirip satin. 

4. Keketatan Benang Spul 
Keketatan benang spul diatur dengan sekrup A yang terletak pada sekoci. Keketatan untuk menjahit lurus disetel di pabrik dan seharusnya tidak disetel kecuali jika sudut-sudut jahitan zigzag tidak dapat dikunci dengan menyetel keketatan benang jarum. Kecuali jika keketatan benang spul memang perlu disetel, gunakan obeng sangat kecil. Sedikit putaran sekrup A akan mengubah tampilan jahitan anda. - Untuk meningkatkan keketatan, putar sekrup ke kanan.
- Untuk mengurangi keketatan, putar sekrup ke kanan.


Nah itulah tips untuk menjahit menggunakan tehnik zig-zag semoga bisa membantu ya, terimakasih sudah mampir ke article kami.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menjahit Tehnik Zig-Zag Dengan Benar"

Posting Komentar