Cara Mudah Menjahit Kain Jersey atau Kaos

Cara Mudah Menjahit Kain Jersey atau Kaos

Cara Mudah Menjahit Kain Jersey atau Kaos


Cara Mudah Menjahit Kain Jersey atau Kaos,- Menjahit memang mudah dilakukan jika sudah bisa menguasai cara menjahit yang benar, namun saat kita hendak menjahit tentu ada beberapa hal yang berbeda di setiap menjahit salah satunya adalah kain. Nah kain yang berbedapun tentu kita juga akan menggunakan jarum atau tehnik yang berbeda pula.

Dan kali ini saya akan menjelsakan dan memberikan tips buat kalian cara yang tepat untuk menjahit menggunakan kain jersey. Biasanya jika kita hendak menjahit dengan menggunakan bahan kain ini permasalahan yang seringkali terjadi saat menjahit kain kaos yaitu : 
1. Jahitan loncat-loncat, sehingga jarak antar jahitan terlihat tidak rapi. 
2. Tidak terjahit, biasanya terjadi pada kain stretch yang licin seperti lycra, spandex sutra, dll. 
3. Jahitan renggang, sehingga jahitan benang terlihat tidak rapat. 
4. Benang mudah putus

Pasti kalian juga pernah ngalamin yang diatas kan? Nah tetapi berdasarkan info yang saya dapat dari si mbah Google dan YouTube, ternyata ada mesin jahit khusus untuk menjahit kain kaos yaitu mesin jahit overlock. Namun mesin jahit ini lebih dikhususkan untuk menjahit pakaian, karena memang biasa disebut sebagai mesin obras kaos. Jadi jahitan yang dihasilkan adalah menjahit sekaligus mengobras kampuh kain seperti yang ada di t-shirt itu.

Dan inilah cara yang tepat untuk menjahit kain yang berbahan kaos/jersey :

1. Membuat Jahitan Agar Tidak Mudah Putus
Caranya, saat menjahit bahan kaos tersebut direnggangkan sampai maksimal, dengan cara sat mesin dijalankan tangan kanan menarik ke atas, sementara tangan kiri menarik ke bawah. hal ini bertujuan agar benang jahit mampu mengikuti bahan kaos saat direnggangkan sehingga tidak mudah putus.

2. Membuat Bahan Kaos Agar Tidak Mengerut Saat Dijahit Digabungkan dengan Bahan Kaos yang Tidak Melar.
Caranya, Menaruh bahan yang tidak melar dia atas sementara kaosnya di bawah, atau bisa juga dengan cara di tempelkan mal atau cetakan yang terbuat dari kertas karton yag agak tebal.

3. Mengkali Jalannya Mesin yang Loncat-Loncat
Caranya, dengan menarik bahan kaos ini agar meregang saat dijahit seperti cara nomor 1, jika jahitan masih loncat coba mengganti jarum jahit ke nomor yang lebih besar yaitu nomor 18, jika masih belum bisa juga, coba posisi sepatu mesin sedikit dibelokan sehingga menempel ke jarum jahit, jika masoh lompat juga, coba bagian bawah kain diberikan alas berupa kertas koran saat di jahit, dan yang terakhir adalah mengkombinasikan semua tehnik di atas.

Dan jika jahitan masoh loncat juga, kemungkinan letak jarum kurang ke bawah atau ke atas, atau mungkin setingan mesin jahitnya yang salah dibagian alu-alu mesin.


Nah itulah caranya semoga bisa membantu yaa, terimakasih sudah mampi ke article kami.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mudah Menjahit Kain Jersey atau Kaos"

Posting Komentar