INILAH KAIN YANG COCOK UNTUK KEBAYA

KAIN YANG COCOK UNTUK KEBAYA

INILAH KAIN YANG COCOK UNTUK KEBAYA


INILAH KAIN YANG COCOK UNTUK KEBAYA,- Kain yang digunakan untuk baju kebaya memang terbilang cukup banyak namun jika tak pandai memilih hasilnya akan tidak bagus. Biasanya baju kebaya cuma diketahui menggunakan kain brokat saja, akan tetapi tidak hanya itu loh. Untuk itu disini saya akan memberikan tips kepada kalian memilih kain untuk model baju kebaya.

Semakin berkembangnya kebaya modern, bahan kain yang digunakan tidak seperti dulu lagi. Bahan yang digunakan untuk membuat kebaya semakin beragam dan bervariasi. Nah buat kamu yang gemar membuat baju kebaya sendiri, tentu kamu perlu tau dong apa saja jenis bahan atau kain yang sering digunakan untuk membuat baju model kebaya. Oleh karena itu kamu harus tau bahan-bahan terbaru apa saja yang bisa dikombinasikan pada baju kebaya.

Dan inilah kain-kain yang cocok untuk kebaya :

1. Katun 
Bahan ini sudah sering dipakai dari dulu hingga sekarang. Bahannya yang lembut dan tidak panas membuatnya menjadi bahan terfavorit oleh para kaum hawa pecinta kebaya. Selain itu, kain katun juga dikenal sangat mudah untuk dijahit dan dibordir, teksturnya sangat lembut dan mudah menyerap keringat. Jenis kain ini sering digunakan sebagai kebaya dengan model encim.

2. Brokat 
Kain brokat adalah jenis kain yang paling sering digunakan untuk kebaya, misal nya untuk membuat kebaya wisuda, kebaya pengantin atau kain kebaya modern untuk anda yang ingin tampil cantik tapi sederhana di acara pesta. Brokat bukanlah bahan renda, bukan pula bordir, atau kain lainnya. Brokat menampilkan pola yang rumit, misalnya bunga-bunga, tanaman, dan unsur-unsur alam lainnya. Brokat merupakan salah satu jenis kain untuk kebaya wisuda.

3. Organdi/Organza
Ada juga organdi yang dapat digunakan untuk membuat kebaya modern. Jenis kain organdi memiliki tekstur yang lembut, berkilau, namun dapat menahan bentuknya dan sangat cocok digunakan untuk menimbulkan efek volume. Teskstur dan warnanya akan memberikan kesan mewah dan cocok digunakan untuk kebaya pesta atau kebaya untuk pernikahan. Jenis kain tidak dapat menyerap keringat dan lebih panas jika dibandingkan dengan kain katun. Namun tidak sedikit yang menggunakannya sebab kesannya yang mewah akan membuat kamu terlihat lebih elegan.

4. Bahan Tulle 
Mungkin beberapa dari kamu sudah sering mendengar tentang kain tulle. Jenis ini merupakan jenis kain yang ringan dan berbentuk jala dengan lubang yang kecil. Dulu kain ini sering digunakan untuk pengantin atau penari balet, namun saat ini tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai kebaya. Biasanya dipadukan dengan beberapa border dan payet agar mendapatkan hasil yang cantik.

5. Satin 
Kain Satin ini merupakan jenis kain yang ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen, sehingga memiliki ciri khas yang mengkilap dan licin. Jenis kain satin ini hampir dengan sutra, yang membedakannya ialah satin ditenun dari bahan poliester (serat buatan). Sedangkan, kain sutra ditenundari bahan Ulat Sutera (Serat Alami). Bila diperhatikan dengan teliti kain satin ini memiliki permukaan yang lebih mengkilat dan licin, sementara itu kainn sutera memiliki permukaan yang lebih halus dan ringan.

6. Lace
Kain lace merupakan jenis kain yang berenda. Jenis kain ini juga cocok untuk jenis kain untuk kebaya pengantin. Dahulu kain ini sangat identic dengan gaya orang tua. Namun namun di era modern kain ini sudah di aplikasikan keberbagai jenis busana. Jenis kain ini memberikan kesan elegan dan anggun bagi anda yang memakai nya sehingga dapat dikenakan di berbagai kesempatan. Kain ini biasa nya digunakan untuk busana tradisional seperti kebaya

7. Taffeta 
Taffeta adalah kain yang ditenun dari sutra atau serat sintesis yang halus. Berasal dari bahasa Persia yang berarti tenunan memutar. Kain jenis ini sering dianggap kain mewah karena cocok digunakan untuk haun pesta dan pernikahan. Serat benang taffeta jauh lebih kaku dibandingkan organdi. Awalnya taffeta diproduksi dengan alat tenun manual, tetapi sejak tahun 1990, kain ini sudah bisa dihasilkan oleh alat tenun mesin di daerah Bangalor. Negara Cina dan negara-negara di Timur Tengah juga menghasilkan kain taffeta. Namun kain yang dihasilkan tidak pernah sebagus buatan India yang kini masih mendominasi dalam produksinya. Penghasil kain taffeta terbaik masih di Prancis, Italia,
dan Inggris. Kain taffeta termasuk jarang digunakan untuk pembuatan kebaya selain harganya relatif lebih mahal juga susah dibentuk. Namun, setelah dikombinasikan dengan jahitan bordir, kebaya yang dihasilkan sangat unik dan elegan.


Nah itulah 7 kain yang cocok untuk kebaya jika kalian ingin menjahitnya sendiri, semoga bisa membantu ya. Terimakasih sudah mampir ke article kami :)

Related Posts:

0 Response to "INILAH KAIN YANG COCOK UNTUK KEBAYA"

Posting Komentar