Tips Menjahit Agar Tetap Lurus dan Rapi Bagi Pemula

Tips Menjahit Agar Tetap Lurus dan Rapi Bagi Pemula

Tips Menjahit Agar Tetap Lurus dan Rapi Bagi Pemula


Tips Menjahit Agar Tetap Lurus dan Rapi Bagi Pemula,- Adakah di antara kalian yang masih pemula dalam hal menjahit? pasti kalian pernah kesusahan saat menjahit bagian yang lurus benar kan? terkadang selalu tidak rapi.

Hal paling utama yang perlu diperhatikan oleh seorang penjahit adalah kerapian serta tidak berantakan. Disini sebetulnya tak ada cara khusus untuk menjahit secara rapi, kita cuma butuh berlatih dan berlatih dengan terus-menerus hingga kita punya kebiasaan dengan benang serta jarum.

oleh karena itu disini saya akan memberikan tips untuk kalian bagaimana sih caranya agar jahitan kita tetap lurus dan rapi.

Dan inilah tips untuk menjahit agar tetap terlihat lurus dan rapi :

1.Gunakan penanda di plate mesin jahit

2. Ikuti Garis Lipatan 
Hampir semua mesin jahit memiliki panduan garis lipatan pada pelat mesin jahit. Tujuannya adalah agar kamu bisa menjahit bagian lipatan yang tepat, tapi juga sebagai panduan untuk membantumu menjahit dengan lurus.

3. Garis Terlebih Dahulu di Kain 
Bila semua cara diatas sudah dilakukan dan masih kurang lurus.Silahkan bikin garis terlebih dahulu dengan cara ambil pensil kain dan garis lurus di bagian yang akan dijahit.

4. Menggunakan Isolasi 
Jika mesin jahitmu tidak memiliki panduan garis lipatan, kamu bisa memanfaatkan isolasi berwarna. Tempelkan pada kain sebagai panduan untuk memastikan kamu menggerakkan kain dalam garis lurus saat menggunakan mesin jahit. 

5. Jangan Memandangi Jarum 
Saat mulai menjahit, perhatikan garis isolasi atau ujung kain yang sedang kamu jahit. Jangan memperhatikan jarum yang bergerak naik turun karena hal ini justru akan membuatmu pusing. Sering kali, saat melihat gerakan jarum yang naik turun, hasil jahitan justru akan tidak rata. 

6. Tandai Kain yang Akan Dijahit 
Kamu juga bisa membuat tanda pada kain yang akan kamu jahit dengan menggunakan pensil kain atau alat yang digunakan untuk menandai pada kain. Tapi, pastikan jika tanda tersebut bisa hilang saat dicuci nantinya. Kamu tentu tidak mau hasil jahitanmu penuh dengan bekas tanda garis panduan menjahit, bukan? 

7. Pelan-Pelan 
Sering kali saat menjahit, bebeapa orang akan kehilangan kendali mesin jahit mereka karena gerakannya yang terlalu cepat. Padahal kamu tidak perlu panik! Karena kamulah yang mengendalikan mesin tersebut dan dapat menghentikannya setiap saat. Untuk menghindari hilang kendali seperti ini, akan lebih baik jika kamu menjahit dengan perlahan. Beberapa mesin jahi memiliki pengatur kecepatan dan kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhannmu. Dengan menjahit perlahan, kamu bisa fokus pada jahitan dan lipatan yang sedang kamu jahit.


Nah itulah tipsnya semoga bisa bermanfaat ya, selamat mencoba dan terimakasih sudah mampir ke article kami.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menjahit Agar Tetap Lurus dan Rapi Bagi Pemula"

Posting Komentar