Inilah Macam-Macam Benang Yang Digunakan Untuk Menjahit

Macam-Macam Benang Yang Digunakan Untuk Menjahit

Inilah Macam-Macam Benang Yang Digunakan Untuk Menjahit


Inilah Macam-Macam Benang Yang Digunakan Untuk Menjahit,- Halo teman-teman kali saya akan menjelaskan mengenai benang apa saja sih yang digunakan saat menjahit, pasalnya menjahit tak hanya mengenakan benang itu-itu saja looh, ternayata ada perbedaannya tergantung kain yang dijahit.

Dalam dunia jahit menjahit, benang menjadi salah satu bahan yang memiliki peranan sangat penting. Pada umumnya benang digunakan untuk menjahit pakaian. Namun untuk benang dengan jenis tertentu biasanya digunakan sebagai hiasan pada pakaian. Dalam menjahit pakaian, pemilihan benang hendaknya disesuaikan dengan serat bahan, dan ketebalan bahan.

Dan inilah benang-benang yang digunakan untuk menjahit :

1. Benang Jahit : Benang jahit ialah benang yang digunakan untuk menjahit. Halus kasar benang ditentukan menurut nomor benang. Makin tinggi nomor benang makin halus benang tersebut. Misalnya benang jahit no. 60 lebih halus dari benang no. 50 dan no. 40.

2.  Benang Mouline 
Yaitu benang yang berlainan warna disering/dipilin jadi satu sehingga benang mouline disebut juga benang pelangi. Benang ini digunakan untuk menghias pakaian atau kain. 

3. Benang Melange (benang serabut campur) 
Yaitu benang yang mempunyai warna beraneka ragam yang dibuat dengan cara dipintal. Digunakan untuk menghias pakaian. 

4. Benang Yaspis 
Yaitu benang yang dipilin dari dua benang yang belum dipilin sehingga bentuknya berupa satu benang bulat. Digunakan untuk menghias pakaian. 

5. Benang Logam 
Yaitu benang yang terbuat dari logam berlapis plastik atau plastik berlapis logam. Bentuk benang berkilau, ada yang warna perak dan ada yang warna emas. Digunakan untuk menghias pakaian atau lenen rumah tangga dan juga digunakan sebagai bahan untuk tenunan seperti tenun songket. 

6. Benang Karet 
Yaitu benang yang terbuat dari karet yang telah divulkanisasi. Benang ini bersifat elastis sehingga banyak digunakan untuk mengerutkan bagian-bagian pakaian. 

7. Benang Sulam/suji 
Yaitu benang yang digunakan untuk menyulam/menghias pakaian.

8.  Benang Suji 
Yaitu tersedia dalam aneka warna. Ada yang hanya satu warna dan ada juga yang palang atau warna bertingkat. 

9. Benang Bordir 
Yaitu benang yang digunakan untuk membordir atau menyulam dengan mesin. Benang ini mengkilat dan tersedia dalam aneka warna. 

10. Benang Jagung 
Yaitu benang yang terbuat dari serat selulosa berwarna krem/broken white. Digunakan untuk membuat renda, menjahit kasur, dan lain-lain. 

11. Benang Tetoron 
Yaitu benang sintetis yang kuat digunakan sebagai bahan kaitan untuk membuat pelengkap busana berupa tas, ikat pinggang, dan lain-lain.

12.  Benang Wol 
Yaitu benang yang agak berbulu dan pilinannya longgar. Digunakan untuk bahan menghias lenen rumah tangga berupa taplak meja, hiasan dinding, dan lain-lain. 

13. Benang Sutra 
Benang sutra memiliki tekstur yang halus dan lembut. Benang ini terbuat dari serat alami yang berasal dari ulat sutra. Benang sutra biasanya digunakan untuk menjahit sutra dan wol yang halus dan ringan.

14. Benang Nilon 
Benang nilon merupakan jenis benang sintetis. Benang ini terbuat dari plastik yang kuat dan elastis. Benang nilon digunakan untuk menjahit bahan-bahan sintetis, serta tidak diperuntukan untuk menjahit bahan-bahan halus. Benang nylon yang terkenal adalah benang nylon cap peniti.

15. Benang polyester Benang polyester juga merupakan benang sintetis. Benang ini bersifat kuat dan elastis. Berbeda dengan benang nilon, benang polyester dapat digunakan baik untuk bahan alami maupun sintetis.
Dan lain-lain.


Nah jadi itulah macam-macam benang yang perlu anda ketahui, mungkin masih banyak yang lain namun 15 benang itu yang sering kita gunakan. Jangan sampai salah menggunakan benang ya teman-teman pasalnya jika salah menggunakan maka hasil jahitan anda tidak akan terlihat sempurna.

Itu saja untuk article kali ini semoga bermanfaat silahkan mencoba dan terimakasih sudah mampir kesini :)


Related Posts:

0 Response to "Inilah Macam-Macam Benang Yang Digunakan Untuk Menjahit"

Posting Komentar