INILAH TEHNIK MENJAHIT BAGI PEMULA

INILAH TEHNIK MENJAHIT BAGI PEMULA

INILAH TEHNIK MENJAHIT BAGI PEMULA


INILAH TEHNIK MENJAHIT BAGI PEMULA,- Halo kembali lagi bersama saya kali ini saya akan menjelaskan sesuai dengan request kalian yaitu tehnik yang tepat untuk bisa difahami bagi para pemula. Mungkin tehnik menjahit dibilang sangat mudah namun jika sudah kalian lakukan pasti tak lama kemudian kalian akan merasa kesulitan, benar tidak?

Oleh sebab itu disini saya akan memberikan saran kepada kalian apa saja sih tehnik-tehnik yang pas untuk bagi penajhit yang masih pemula. Langsung saja baca sampai selesai ya.

Dan inilah Tehnik-tehnik dasar bagi penjahit yang masih pemula :

1. Pelajari Dasar-Dasar Menjahit
  • Pastikan kain yang kalian jahit sudah di setlika, agar nanti saat dijahit hasilnya akan sempurna.
  • Pastikan jarum yang kalian gunakan pas/cocok dengan kain yang kain yang kalian pakai agar hasilnya tetap bagus. Meskipun menjahit dengan menggunakan tangan pastikan jarum jahit tidak berukuran yang tidak sesuai dengan kainnya.
2. Kuasai Menjahit Dengan Lurus
  • Tusukkan jarum dari sisi belakang kain, maksudnya tusukkan jarum dari sisi yang orang tidak akan lihat. Tarik jarum keluar (anda mungkin perlu sedikit tenaga), diikuti oleh benang, sampai tarikan benang anda dihentikan oleh simpul. Jika simpul tersebut tidak tertahan pada kain, buatlah simpul yang lebih besar. 
  • Alasan memulai dari sisi belakang kain adalah agar simpul tidak berada di sisi depan (bagian yang terlihat) pakaian atau kain. Jika simpul kalian menembus kain, mungkin ada beberapa penyebab untuk hal ini: 
  1. Mungkin perlu membuat simpul yang lebih besar.
  2. Jarum kalian mungkin terlalu besar, yang melubangi kain dengan ukuran yang sama atau lebih besar daripada simpul, sehingga memungkinkan simpul untuk menembus kain 
  3. Kalian mungkin menghentakkan benang terlalu keras saat simpul sudah tertahan di balik kain.
  • Tusukkan jarum dari sisi depan kain. Tusukkan jarum kembali ke sisi belakang, di dekat tusukan pertama anda tadi. Tarik seluruh panjang benang dan terus tarik sampai anda merasa benang tersebut tertahan.
  • Jahitan harus cukup kencang agar kain tetap datar/rata, tetapi jangan terlalu kencang karena akan menbuat kain tersebut berkerut di bawah jahitan.
  • Lalu akhiri jahitan dengan menusuk sisi depan sepeti cara di atas.
3. Kuasai Menjahit Melingkar dan Zig-Zag
  • cobalah belajar mengunci jahitan dengan cara jahit 3-4 ke maju sesuai garis kemudian jahit mundur lagi 3-4 jahitan. Lakukan langkah ini di awal dan akhir jahitan kamu. Kalau jahitannya udah ngak ada yang keluar garis dan lancar coba latih dengan jahit bagian ujung kain tanpa di garis. Acuan lurus rapi bisa liat penanda di plate mesin jahit. Setelah berlatih dengan kertas jarum jahitnya harus di ganti yang baru ya, jarum bekas kertas bisa tumpul dan merusak kain.
  • Jahitan tersembunyi (blind stitch) adalah varian dari jahitan zigzag. Jahitan ini disebut juga "keliman tersembunyi (blind hem)." Jahitan ini sangat mirip dengan jahitan zigzag, hanya saja jahitan ini terdapat beberapa jahitan lurus. Jahitan ini digunakan untuk membuat keliman yang tidak terlihat; dikatakan tidak terlihat karena liku-likunya tidak berada di sisi depan kain. Dengan sedikitnya jumlah jahitan liku-liku yang ada di bagian depan kain maka akan membuat jahitan tersebut semakin tidak terlihat.

Nah itulah tips dari saya tehnik menjahit bagi yang masih pemula, semoga bisa bermanfaat yaa dan terimakasih sudah mampir ke article kami.

Related Posts:

0 Response to "INILAH TEHNIK MENJAHIT BAGI PEMULA"

Posting Komentar