Inilah Alat-Alat Pembuat Pola dan Penjelasannya

Inilah Alat-Alat Pembuat Pola dan Penjelasannya

Inilah Alat-Alat Pembuat Pola dan Penjelasannya


Inilah Alat-Alat Pembuat Pola dan Penjelasannya,- Alat jahit memang sangat banyak sekali bukan, tak hanya benang,jahit, gunting dll. Namun kita juga harus mempersiapkan alat lain juga seperti yang saya jelaskan kali ini yaitu alat-alat pembuat pola. Jadi baca sampai selesai ya semoga bisa membantu.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah penjahitan tentunya kita terlebih dahulu harus mempersiapkan bahan-bahan atau peralatan yang di perlukan.Langkah pertama kita harus membuat pola, pola adalah desain atau rancangan yang akan kita jadikan patokan untuk membuat sebuah jahitan. 
 
Inilah peralatan yang harus di siapkan untuk membuat sebuah pola :

1. Skala berfungsi sebagai alat ukur dalam menggambar pola dalam ukuran kecil seperti ukuran skala 1:4,1:6, 1:8. 

2. Buku kostum merupakan buku yang dipakai untuk menggambar pola kecil. Bagian lembar bergaris untuk catatan/keterangan pola dan bagian lembar kosong untuk menggambar pola. 

3. Penggaris pembentuk berfungsi mempermudah dalam membentuk pola busana yang sesuai dengan bentuk yang akan dibuat. 

4. Pensil merah biru berfungsi untuk mewarnai pola agar dapat membedakan pola depan dan belakang. 

5. Kertas kopi atau kertas Koran merupakan kertas yang digunakan untuk membuat pola besar sesuai ukuran asli. 

6. Kertas Doorslag Merah Biru berfungsi untuk menjiplak pola. Kertas merah untuk bagian muka dan biru untuk bagian belakang pola.

7. Boneka jahit befungsi uembuat pola dengan metode konstruksi padat (pola draping). Kain disematkan dengan jarum pentul sambil diatur agar mengikuti bentuk tubuh boneka jahit. Kain di bagian kerung lengan, kerung leher, dan bagian pinggang digunting sesuai bentuk pakaian yang diingini. Setelah pakaian selesai dijahit, boneka jahit dipakai untuk mengepas pakaian dan melihat jatuhnya jahitan pada boneka jahit.

8. Gunting Gunting ini berfungsi sebagai pemotong kain, paling todak kita menggunakan dua gunting, gunting kertas dan gunting kain.

9. Benang Benang di gunakan untuk menjahit kain, banyak pilihan benang yang bisa kita gunakan dan benang merupakan faktor penting dari kualitas jahitan yang kita hasilkan.


Nah itulah alat-alat pembuat pola beserta penjelasannya, semoga bisa bermanfaat ya dan terimakasih sudah mampir ke artcle kami.

Related Posts:

0 Response to "Inilah Alat-Alat Pembuat Pola dan Penjelasannya"

Posting Komentar