Cara Menjahit Celana Sarung

Cara Menjahit Celana Sarung

Cara Menjahit Celana Sarung


Cara Menjahit Celana Sarung,- Halo teman-teman kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan membahas mengenai cara menjahit celana sarung dengan benar. Celana sarung biasanya banyak digunakan untuk kalangan anak-anak, namun baru-baru ini orang dewasapun terlihat menggunakan celana sarung juga. Nah agar anda tidak perlu beli-beli dengan harga mahal anda bisa jahit sendiri loh, atau jika anda memiliki usaha menjahit anda bisa menerima pesanan model ini yang di inginkan oleh customer anda bukan? lebih jelasnya lagi yuk saya jelaskan.

Celana Sarung adalah kain sarung yang dibuat atau di jahit menjadi sebuah celana yang di lengkapi penutup pada bagian depan. Jadi tampak depan kita seperti memakai kain sarung dan tampak belakang seperti memakai celana. Celana sarung ini sangat simple, mudah di pakai, adem dan nyaman, apalagi jika naik sepeda motor, tidak ribet.

Sebelum anda menjahitnya buatlah pola dulu dan untuk ukuran yang harus di persiapkan sebelum pembuatan celana sarung ini sebagai berikut : 
  • Lingkar pinggang 
  • Lingkar pinggul 
  • Lingkar paha 
  • Lingkar lutut 
  • Lingkar ujung celana bab bawah 
  • Lingkar pesak (selangkangan) 
  • Panjang celana
Berikut cara menjahit celana sarung :

1. Jahit kelim bab bawah dan pinggir kiri dari kain depan, kemudian tempel ke pola celana yang sebelah kanan dengan cara di jahit di bab pinggirannya.

2. Buatlah saku di bab atasnya, semoga lebih simpel buatlah saku ibarat pembuatan saku rok.

3. Selanjutnya kita sambung masing-masing bab selangkangan dari pola celana depan dan juga pola celana bab belakang. 

4. Lalu sambungkan bab pinggir pola depan dan pola belakang.

5. Kemudian bab pinggir dalam dari pola celana depan dan belakang.

6. Untuk bab pinggangnya kita buat terpisah, semoga karet elastiknya terlihat lebih bagus, caranya yaitu kita siapkan selembar kain ban pinggang dengan lebar 10 cm dan panjang sesuai dengan lingkar pinggang celana, untuk caranya sudah pernah saya buat tutorialnya beberapa waktu yang lalu. 

7. Jahit sambung kain tersebut, kemudian lipat dan jahit bab pinggirannya, sisakan sekitar 3 cm untuk memasukan karet elastic.

8. Pasang ke ban pinggang celana, kemudian masukan karet elastic kedalamnya.

9. Jahit lubang untuk memasukan karet elastik semoga tersambung semua ke pinggang celana.

10. Ratakan karet elastic dengan cara di regangkan, dan jahit bab tengahnya semoga posisinya tidak berubah kembali ketika di gunakan.

11. Selanjutnya menjahit kelim bab bawah kaki celana, ukur dahulu memakai pita meteran apakah panjang celana nya sudah pas.

12. Terakhir yaitu menggosok celana ini memakai setrika semoga lebih rapih, dan celana pun siap di gunakan.

Nah itulah cara menjahit celana sarung, semoga bisa bermanfaat ya. Selamat mencoba :)
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menjahit Celana Sarung"

Posting Komentar