Inilah Merk Mesin Jahit Yang Sering digunakan Penjahit

Inilah Merk Mesin Jahit Yang Sering digunakan Penjahit

Inilah Merk Mesin Jahit Yang Sering digunakan Penjahit


Inilah Merk Mesin Jahit Yang Sering digunakan Penjahit,- Halo kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai beberapa macam merk mesin jahit yang sering digunakan oleh penjahi pemula maupun oleh seorang yang sudah profesional. Mesin jahit yang saya sebutakn nanti memang terbilang sudah cukup umum di kalangan para penjahit profesional namun jika ada yang masih pemula mungkin penjelasan kali ini akan sedikit membantu anda untuk memilih tipe-tipe mana yang cocok untuk anda gunakan.

Mesin jahit merupakan kebutuhan penjahit untuk membuat pakaian. Pakaian yang ia jahit akan dijual/ dipake sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap bagian dari pakaian menggunakan mesin jahit yang berbeda- beda. Sehingga macam- macam mesin jahit ditawarkan di toko-toko. Macam- macam mesin jahit mulai dari klasik hingga yang modern. Harganya pun bervariasi mulai dari yang ratusan ribu hingga puluhan juta. Sebagai seorang yang ingin menggeluti dunia jahit tentu anda harus mengenal macam-macam mesin jahit. 

Berikut beberapa jenis dan model mesin jahit yang sering digunakan oleh penjahit :

1. Mesin Jahit Klasik / Tradisional

Jenis mesin jahit tradisional. Mesin jahit ini banyak dikenal karena hampir semua penjahit pernah mengguanakan mesin jahit jenis tersebut dan masyarakat pada umum pun sering menjumpai bahkan memiliki mesin  jahit jenis ini dirumahnya. Awalnya mesin jahit ini hanya dapat dimanfaatkan untuk menjahit jahitan rantai. Disatu sisi jahitan rantai memang mudah lepas sehingga kurang bagus untuk menjaga keawetan pakaian. Namun penjahit tidak kehabisan akal, disini mereka membuat jahitan kunci dengan menggunakan dua benang yang sejajar. Akhirnya mesin jahit manual inipun bisa digunakan untuk menjahit jahitan dekoratif dan zigzag. Merk yang terkenal adalah Butterfly dan Singer.


2. Mesin Jahit HighSpeed

Mesin jahit ini sudah pakai mesin dengan kecepatan yang tinggi, pengguna mesin ini mesti mempunyai keahlian khusus, dengan system yang sudah dilengkapi dengan pemotong benang sendiri dan mengunci jahitan di awal dan di akhir penjahitan. Menggunaakan mesin jahit ini memberikan kualitas jahitan yang baik, kuantitas penjahitan akan lebih banyak sehingga tingkat efisien waktu lebih hemat, dan tentunya akan menekan cost produksi.

3. Mesin Jahit Obras

cocok untuk  overclocking dan overedging bahan ringan dan menengah pelumasan secara otamatis  dan kinerja yang sangat baik low sewing tension. Membuat jahitan lebih rapi dan terdapat pisau pemotong pada mesin ini, sebagai contohnya pada jahitan celana jeans, jahitan lebih kuat, mesin obras ini di gunakan di akhir pekerjaan menjahit.

4. Mesin Jahit Overdeck

Mesin ini mengadopsi sistem pelumasan otomatis tertutup yang lengkap, drive utama mengadopsi timing belt untuk menjamin kecepatan tinggi dan mengurangi kebisimgan. mesin jahit jenis ini harus di servive secara khusus, untuk meningkatkan kapasitas ketahanan aus nya. Model dasar dari mesin ini dapat membentuk dasar menjahit dan tingkat lanjut. Mesin ini biasanya digunakan khusus untuk membuat pakainan berbahan dasar kaos, tetapi dapat juga digunakan untuk menjahit ritsleting nilon dan scallop.

5. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai (Distro)

Mesin ini mengadopsi mekanisme tipe jarum feed mechanism, mengambil dan menangkap untuk menghasilkan dua baris jahitan rantai, yang tegas dan elastis, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif, pakaian dalam, pakaian berbahan dasar kaos, bedcover dan kulit. Ada lima jenis alat ukur yang tersedia untuk seleksi. Penerapan dalam konveksi biasanya untuk menjahit pundak agar terlihat lebih rapi dan kuat

6. Mesin Lubang dan pasang Kancing

Mesin jenis ini kegunaannya untuk membuat jahitan dalam lubang kancing dan pada beberapa tipe bisa digunaka sekaligus untuk memasang kancing. Model, tipenya,  ukurannya dan harganya juga bermacam-macam.  sangat efektif dan efesien dalam melakukan pekerjaan.


Nah itulah beberapa jenis mesin jahit yang sering digunakan oleh penjahit pemula atupun yang sudah profesional, semoga bagi kalian yang ingin membeli mesin jahit namun masih ragu, semoga tips ini bisa membanu ya.
Terimakasih sudah mampir ke article ini.

Related Posts:

0 Response to "Inilah Merk Mesin Jahit Yang Sering digunakan Penjahit"

Posting Komentar